Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 13 Mar 2021 07:42 WIB

TRAVEL NEWS

Ingin ke Bandara Soetta Pakai Taksi Terbang? Ini Caranya

Syanti Mustika
detikTravel
Heliport Cengkareng
Taksi terbang alternatif transportasi di Jakarta. (Syanti/detikcom)
Jakarta -

Ada moda transportasi baru yang bisa digunakan traveler untuk menuju Bandara Soekarno Hatta, yaitu dengan helikopter atau taksi terbang. Begini cara pemesanannya.

Traveler yang membutuhkan moda transportasi cepat dan waktunya fleksibel bisa memilih taksi terbang alias helikopter.

"Cengkareng Heliport atau kita menyebutnya CHP menjadi satu-satunya heliport yang berada di samping Bandara Soetta, bandara terbesar di Indonesia. Ini sebagai kelengkapan moda transportasi alternatif menuju bandara yaitu dengan helikopter," ungkap Denon Prawiraatmadja, CEO PT Whitesky Aviation, saat dijumpai di Heliport Cengkareng, Jumat (12/3/2021).

Heliport CengkarengDenon Prawiraatmadja, CEO PT Whitesky Aviation Foto: (Syanti/detikcom)

Bagaimana cara memesan moda transportasi ini? Caranya mudah kok, traveler bisa menggunakan aplikasi HeliCity dan memilih titik penjemputan dan tujuannya.

" Cara pemesanan bisa menggunakan aplikasi HeliCity atau menghubungi call center kita. Untuk biayanya range Rp 8 juta sampai Rp 20 jutaan. Ada 72 titik penjemputan yang tersebar di Jabodetabek, hingga Cirebon, Tanjung Lesung dan Bandung," kata Denon.

"Berhubung sedang Covid-19, aturan kita mengikuti saran dari pemerintah dan Satgas Covid, dimana kita mempersyaratkan swab antigen H-3. Karena helikopter dan pesawat kecil penerbangannya kita menyebutnya collective passenger, kit tidak mensyaratkan physical distancing," ujar Denon.

"Misalnya satu keluarga, dari awal sudah bersama-sama, satu mobil hingga mereka juga satu helikopter," Denon menambahkan.

Heliport CengkarengSalah satu armada HeliCity di Cengkareng Heliport Foto: (Syanti/detikcom)

Soal jam operasional, HeliCity bisa dipesan mulai pukul 06.00 WIB hingga 18.00 WIB. Untuk pemesanan taksi terbang, amannya sih H-1 tapi bsia juga kok dipesan satu jam sebelum terbang.

"Sebelum Covid-19, kami ada perencanaan uji terbang malam di tahun 2019. Kemarin kami coba beberapa rute ke Bandung. Tapi, karena Covid-19 rencana ini tertunda dan kita akan komunikasikan lagi," ujar Denon.

Traveler yang ingin menggunakan taksi terbang disarankan melakukan pemesanan H-1. Namun dalam kondisi darurat, jasa taksi terbang bisa dipesan dalam 1 jam.

"Untuk emergency satu jam sebelumnya kita bisa terbang. Namun untuk pemesanan reguler, kita sarankan 1 hari sebelumnya. Mungkin ada persiapan-persiapan yang dibutuhkan, jadi bisa dilakukan," ujar Denon.

detikcom mencoba mengecek cara dan biaya pemesanan di aplikasi HeliCity dengan titik keberangkatan dari Cengkareng Heliport menuju Mampang, jakarta Selatan.

Berikut nih bocorannya cara memesan taksi terbang di apliaksi HeliCity:

1. Traveler buka aplikasi HeliCity, pilih menu 'Check Price' dan pilih titik helipad terdekat.

Heliport Cengkareng(Screenshoot Aplikasi HeliCity)


2. Setelah itu tentukan helipad tujuan

Heliport Cengkareng Foto: (Screenshoot Aplikasi HeliCity)

Heliport CengkarengFoto: (Screenshoot Aplikasi HeliCity)

3. Pilih jenis helikopter

Heliport CengkarengFoto: (Screenshoot Aplikasi HeliCity)


4. Nanti akan tertera harga yang traveler harus bayar

Heliport Cengkareng Foto: (Screenshoot Aplikasi HeliCity)

Pemesanan taksi terbang ini semudah memesan taksi online, bukan?



Simak Video "Polda Metro Tetapkan 4 Tersangka Kasus Mafia Karantina di Bandara Soetta"
[Gambas:Video 20detik]
(sym/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA