Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 25 Mar 2021 15:40 WIB

TRAVEL NEWS

Anggrek Hitam, Si Cantik yang Ternyata Berkhasiat

Abdul Majid
detikTravel
Anggrek Hitam Papua yang memesona.
Foto: Ilustrasi anggrek hitam (Dok. Instagram @siucip4)
Jakarta -

Indonesia punya banyak tanaman eksotis. Salah satunya adalah anggrek hitam yang selain cantik, ternyata memiliki banyak khasiat.

Siapa sih yang tidak mengenal bunga cantik yang satu ini yakni Anggrek Hitam. Di Indonesia Anggrek hitam ini terbagi menjadi dua, yaitu anggrek hitam Kalimantan, dan anggrek hitam Papua.

Dihimpun dari beberapa sumber, Kamis (25/3/2021), anggrek ini dapat tumbuh di daerah sub tropis dan tropis, serta mampu tumbuh diberbagai ketinggian di atas permukaan laut.

Anggrek hitam termasuk ke dalam tumbuhan langka dan dilindungi dari perdagangan anggrek yang tercantum dalam Konvensi Perdagangan Internasional Spesies Liar Hewan dan Tumbuhan Langka (CITES) Appendix I dan II.

Anggrek ini tumbuh secara liar, sangat sulit untuk memeliharanya di rumah, karna Anggrek ini harus mendapatkan tempat yang suhu tropisnya sempurna. Jika tetap dipaksakan tumbuh di luar tropis, maka bunga ini tidak dapat tumbuh dengan sempurna dan bahkan bisa mati.

Anggrek hitam yang tumbuh di daerah Kalimantan memiliki nama latin Coelogyne pandaruta Lindl yang merupakan maskot flora dari Kalimantan Timur, tepatnya di daerah Kersik Luwai.

Keberadaan anggrek hitam di Kalimantan tiap tahunnya semakin berkurang dan terancam punah. Namun anggrek ini masih dapat ditemukan di Cagar Alam Kersik Luway dan Kebun Raya Bogor.

Banyak orang yang mengira bahwa anggrek ini memang warna hitam keseluruhannya, tapi sebenarnya anggrek ini didominasi oleh warna hijau kekuningan di bagian kelopak dan mahkotanya.

Untuk bagian bibir bunga berwarna hitam dengan bagian dalamnya terdapat bintik-bintik warna hitam dengan kombinasi garis-garis berwarna hitam. Anggrek ini memiliki nilai ekonomis yang tinggi.

Selanjutnya anggrek hitam yang tumbuh di daerah Papua yang memiliki nama internasional "The Black Blood-Red Dendrobium" atau yang dikenal sebagai Anggrek Dendrobium Hitam-Merah darah. Anggrek ini memiliki nama latin Dendrobium atroviolaceum Rolfe.

Uniknya, ternyata anggrek hitam ini merupakan anggrek persilangan yang dilakukan oleh seorang pakar budidaya anggrek Cymbidium asal Amerika Serikat, Andi Easton. Sedangkan untuk parental atau indukan dari anggrek ini adalah Cymbidium Janet Holland x Cymbidium Khairpour.

Walaupun anggrek ini bukan tanaman asli Papua, namun anggrek ini memiliki harga yang sangat mahal ditambah lagi anggrek ini termasuk tumbuhan yang langka.

Terdapat banyak sekali manfaat dari anggrek hitam ini, yaitu:

1. Dapat dijadikan sebagai obat diare
2. Mengobati rasa mual-mual
3. Mampu menghentikan pendarahan pada rahim
4. Mengobati sakit maag.



Simak Video "Tanaman Eksotis Kutai Barat, Anggrek Hitam Kersik Luwai"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA