Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 25 Mar 2021 20:15 WIB

TRAVEL NEWS

Pemerintah Kucurkan Rp 9,9 Triliun untuk Bangun Sektor Pariwisata

Sandiaga Uno
Foto: Sandiaga Uno (Sui Suadnyana)
Jakarta -

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menyampaikan total alokasi dukungan Kementerian dan Lembaga untuk pembangunan destinasi pariwisata. Jumlahnya mencapai Rp 9,9 triliun.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno melakukan rapat kerja dengan Komisi X DPR. Sandiaga menyampaikan bahwa alokasi anggaran lima destinasi pariwisata super prioritas tersebar di berbagai kementerian dan lembaga terkait.

"Total alokasi anggaran tahun 2021 untuk pengembangan lima destinasi pariwisata dan secara keseluruhan, bahwa total alokasi dukungan Kementerian Lembaga untuk pembangunan pariwisata pada tahun 2021 adalah sebesar Rp 9,9 triliun," kata Sandiaga Uno.

Dengan pembagian distribusi pada Danau Toba sebesar Rp 1,3 triliun dengan 49 proyek, Borobudur Rp 4,2 triliun dengan 88 proyek. Sedangkan Lombok dengan Rp 1,4 triliun untuk 44 Labuan Bajo NTT Rp 1 triliun untuk 44 Proyek dan Likupang Rp 592 milar untuk 30 proyek.

"Kementerian lembaga terkait antara lain Kementerian PUPR Rp 6,3 triliun sekitar 65%, Kementerian Perhubungan Rp 1,6 triliun 17%, Kemenparekraf Rp 635 M, sekitar 8,2 %, dan ada juga badan koordinasi penanaman modal sejumlah Rp 25 miliar atau 0,1 persen," kata Sandi. Dengan pembagian distribusi pada Danau Toba sebesar Rp 1,3 triliun dengan 49 proyek, Borobudur Rp 4,2 triliun dengan 88 proyek. Sedangkan Lombok dengan Rp 1,4 triliun untuk 44 Labuan Bajo NTT Rp 1 triliun untuk 44 Proyek dan Likupang Rp 592 miliar untuk 30 proyek.

Namun jumlah tersebut bisa terus berubah. Sandi mengharapkan angka tersebut segera bisa terfinalisasi.

"Memang angka ini masih terus bergerak karena finalisasi dari berbagai kementerian. Jadi kami akan pantau terus dan kita harapkan bahwa dalam waktu yang kita bisa prioritaskan agar angka ini bisa terfinalisasi tentunya dengan melihat koordinasi dengan kementerian negara terkait,"

Saat penyampaian kesimpulan, DPR RI mendesak Kemenparekraf untuk mengkoordinasikan kepastian penggunaan anggaran untuk pengembangan pariwisata dan memastikan alokasi dukungan Kementerian dan Lembaga terkait.



Simak Video "Cerita Lika-liku Sandiaga Uno Raih Gelar Doktor dengan IPK Tertinggi"
[Gambas:Video 20detik]
(elk/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA