Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 01 Apr 2021 11:02 WIB

TRAVEL NEWS

Murah Hati, Jika Sopir Bus Ini Nabrak, yang Ganti Rugi Perusahaannya

PO Haryanto
Ilustrasi bus, PO Haryanto (Foto: Ahmad Masaul Khoiri/detikcom)
Kudus -

Kecelakaan adalah kejadian yang akan melekat di jalanan. Perusahaan otobus (PO) ini begitu baik hati karena akan mengganti semua kerugian bila terjadi hal itu.

PO yang dimaksud adalah Haryanto. Jadi, sopir PO Haryanto tak akan mengeluarkan uang jika mereka terlibat kecelakaan yang merugikan orang lain saat bertugas.

Perusahaan ini mengklaim akan menaati semua peraturan hukum yang ada bila sopirnya terlibat kecelakaan. Kewajiban santunan dan ganti rugi juga akan dijalankan perusahaan.

"Kalau ke korban yang kecelakaan akibat PO Haryanto, kita ikuti aturan dan protokol yang berlaku saja," kata Direktur Operasional PO Haryanto Rian Mahendra, beberapa waktu lalu di garasi bus Kudus.

"Negara ini kan punya hukum dan kita punya aturan, dari segi santunan, pertanggungjawaban ke korban ya dijalankan," imbuh dia.

Setelah menjalankan santunan ke korban, bila ada, PO Haryanto tak akan menarik uang sepeserpun ke sopirnya, Kata Rian, semua hal terkait pengeluaran akan ditanggung oleh perusahaan meski nilainya mencapai ratusan juta.

"Tapi yang membedakan itu pertanggungjawaban ke kru. Kalau di PO Haryanto sini memang tidak ada klaim," tegas Rian.

"Jadi, kru nabrak habis Rp 200-300 juta mereka nggak akan keluar modal karena itu jadi tanggung jawab perusahaan," imbuh dia merinci.

PO Haryanto tak ingin para sopirnya terbebani bila terjadi kecelakaan. Namun, ada pula perusahaan otobus lain yang masih menerapkan kebijakan lain, yakni menarik sebagian uang santunan dari sopirnya.

"Jadi mereka nggak terbebani. Tapi itu sifatnya tergantung perusahaan, ada perusahaan yang 50-50 atau 60-40, 70-30. Jadi bebaslah, nggak mengikat kalau soal itu," jelas Rian.

***

PO Haryanto masih menyimpan segudang fakta menarik lain. Laporan khusus lainnya masih akan ada di berita selanjutnya!



Simak Video "Kecelakaan Maut Bus-Truk di Mesir, 20 Orang Tewas"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA