Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 09 Apr 2021 18:35 WIB

TRAVEL NEWS

4 Hari Terjebak di Gua, Biksu Thailand Diselamatkan Penyelam

Biksu Terjebak di Gua, Dievakuasi Penyelam
Foto: Biksu berhasil dievakuasi (dok. Ruamkatanyu Foundation Phitsanulok Police)
Bangkok -

Sudah 4 hari lamanya, biksu Thailand bernama Phra Manas terjebak di dalam gua yang kebanjiran. Beruntung akhirnya dia berhasil dievakuasi oleh tim penyelam.

Masih ingat dengan kisah bocah-bocah anggota tim sepakbola di Thailand yang terjebak di dalam gua yang kebanjiran? Kisah tersebut hampir berulang. Namun kali ini korbannya adalah seorang biksu bernama Phra Manas.

Biksu berusia 46 tahun itu terjebak di dalam gua Tham Phra Sai Ngam di provinsi Phitsanulok, di sebelah utara Thailand, sejak hari Sabtu (3/4) pekan lalu. Awalnya, dia masuk ke dalam gua untuk bermeditasi.

Di Thailand, memang banyak dijumpai gua yang memiliki kuil kecil yang dianggap suci. Para biksu biasanya masuk ke dalam gua untuk berdoa dan bermeditasi karena suasananya yang sangat tenang.

Namun setelah masuk ke dalam gua, tak disangka di luar sana terjadi hujan yang sangat lebat, bahkan bisa dikategorikan badai. Hujan lebat itu membuat naiknya permukaan air, sehingga menutup pintu masuk gua.

Biksu Terjebak di Gua, Dievakuasi PenyelamBiksu Terjebak di Gua, Dievakuasi Penyelam Foto: (dok. Ruamkatanyu Foundation Phitsanulok Police)

Akibatnya, tentu saja membuat Phra Manas terjebak di dalam gua. Ketika sang Biksu tidak kembali selepas hujan deras itu, warga desa pun menghubungi otoritas terkait untuk membuat laporan orang hilang.

Ratusan orang tim penyelamat pun dikerahkan untuk mengevakuasi Phra Manas. Tim penyelamat itu terdiri dari paramedis, penyelam dan orang-orang yang sangat berkompeten di bidangnya.

7 Orang penyelam akhirnya masuk ke dalam gua pada Rabu (7/4) pagi kemarin setelah hujan berhenti untuk mengevakuasi Phra Manas. Tim penyelam pun berhasil menemukan biksu itu.

Sang biksu langsung dipakaikan alat selam, kemudian dipandu untuk menyelam di kedalaman 12 meter untuk menuju ke pintu keluar. Akhirnya setelah perjuangan melawan cuaca buruk, biksu itu berhasil diselamatkan setelah terjebak sampai 4 hari lamanya di dalam gua.



Simak Video "Momen Biksu Myanmar Turun ke Jalan, Protes Tindak Kekerasan"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA