Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 13 Apr 2021 09:30 WIB

TRAVEL NEWS

Rumah Eks Menlu Pertama Dijual Rp 200 Miliar, Kemlu dan Warganet Bereaksi

Tim detikcom
detikTravel
Viral kantor pertama Kementerian Luar Negeri (Kemlu) diiklankan di media sosial. Bangunan tersebut adalah rumah milik Menteri Luar Negeri pertama Raden Achmad Soebardjo Djojoadisoerjo atau yang lebih dikenal dengan Achmad Soebardjo yang dijadikan kantor sementara Kemlu pada era kemerdekaan Indonesia.
Rumah eks Menlu pertama Achmad Soebardjo (Ari Saputra/detikTravel)

Selain merupakan milik keluarga Achmad Soebardjo, status rumah tersebut juga disebut bukan cagar budaya. Hal itu diinformasikan oleh perwakilan Kristohouse saat dihubungi detikTravel terpisah.

"Ada surat dari Pemda DKI, bahwa bukan termasuk Cagar Budaya," ujar perwakilan Kristohouse yang tak ingin disebut namanya.

Lebih lanjut, surat keterangan dari Pemda DKI terkait status bangunan itu dipegang oleh sang owner atau pemilik rumah kini.

"Saya nggak bisa kasih suratnya tanpa seizin owner," tutupnya.

Oleh developer, menuliskan perihal bangunan lama dengan luas tanah mencapai 2.915 meter persegi dan luas bangunan 1.676 meter persegi. Harganya pun ditaksir mencapai Rp 200 miliar, tapi masih bisa ditawar.

Viral kantor pertama Kementerian Luar Negeri (Kemlu) diiklankan di media sosial. Bangunan tersebut adalah rumah milik Menteri Luar Negeri pertama Raden Achmad Soebardjo Djojoadisoerjo atau yang lebih dikenal dengan Achmad Soebardjo yang dijadikan kantor sementara Kemlu pada era kemerdekaan Indonesia.Lokasinya dekat jalan utama (Ari Saputra/detikTravel)

Selain warganet, sejarawan juga ikut menyayangkan kabar penjualan rumah tersebut. Salah satunya adalah arkeolog sekaligus Tenaga Ahli Cagar Budaya PKCB, Candrian Attahiyat.

Sebagai penggiat bangunan Cagar Budaya di Jakarta, Candrian mengaku cukup menyayangkan penjualan bangunan bersejarah eks Menlu pertama RI itu.

"Siapapun pemiliknya, saya berharap rumah tersebut dilestarikan," ujarnya via pesan singkat.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua

(rdy/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA