Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 14 Apr 2021 20:17 WIB

TRAVEL NEWS

333 Pos Cegat Mudik Disiagakan, Nekat Mudik Siap-siap Kena Sanksi!

CNN Indonesia
detikTravel
Di hari terakhir PSBB Surabaya jilid 3, pemeriksaan protokol kesehatan di check point Budaran Waru diperketat. Puluhan kendaraan roda empat yang mau masuk Surabaya putar balik.
Foto: Deny Prastyo Utomo

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Budi Setiyadi mengatakan, ada sejumlah sanksi bagi masyarakat yang nekat mudik menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil dan motor.

Bagi yang menggunakan mobil dan motor akan diminta 'putar balik' atau tidak diizinkan melanjutkan perjalanan. Sanksi lain bisa diterapkan sesuai peraturan perundang-undangan.

Juru Bicara Kementerian Perhubungan Adita Irawati mengatakan, pengawasan terhadap kendaraan pribadi menjadi tantangan tersendiri. Pasalnya, moda ini bisa melewati jalan mana saja dan di mana saja.

Oleh karenanya, selain sanksi putar balik, sanksi lainnya akan diberikan pemerintah, termasuk mencabut izin berkendaraannya.

"Izin dan SIM bisa dicabut, ini akan disesuaikan dengan apa yang dilanggar juga dari ketentuan yang berlaku," jelas Adita.

Sementara untuk kendaraan travel atau angkutan perseorangan yang ketahuan mengangkut penumpang juga akan mendapatkan sanksi. Mereka pun tidak boleh melintas dan melakukan aktivitas mudik saat larangan mudik berlaku. "Khusus bagi kendaraan travel atau angkutan perseorangan yang digunakan untuk mengangkut penumpang nanti akan dilakukan tindakan tegas oleh kepolisian, baik penilangan dan tindakan lain sesuai UU yang ada," katanya.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua


Simak Video "Ada Larangan Mudik, Vicky Shu Cemas Urus Bisnis di Luar Kota"
[Gambas:Video 20detik]

(pin/pin)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA