Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 17 Apr 2021 05:11 WIB

TRAVEL NEWS

Bernama Bitche, Facebook Lalu Hapus Halaman Resminya

Kota Ville de Bitche Prancis
Kota Ville de Bitche Prancis (Foto: CNN)
Jakarta -

Warga kota unik ini geram dengan aksi Facebook. Alasannya adalah halaman resmi kotanya hilang karena bernama Bitche.

Halaman resmi Kota Ville de Bitche dihapus oleh Facebook pada bulan lalu. Diketahui bahwa kota ini ada di Prancis.

"Kami menerima pesan Facebook dan kami juga melihat bahwa pesan itu hilang," kata Benoît Kieffer, wali kota Ville de Bitche.

"Halaman dari Kota Ville de Bitche dihapus pada 19 Maret," Kieffer menambahkan.

"Tadinya Anda bertanya-tanya, apakah ada masalah teknis? Namun, dalam kurun waktu yang lama, itu bisa dianggap sebagai penyensoran," kata dia lagi.

Karena penyensoran itu, kota yang berpenduduk sekitar 5.100 itu malah membuat halaman Facebook baru. Nama barunya yakni Mairie 57230, berdasarkan kode posnya.

Halaman asli kota unik itu telah dipulihkan lagi oleh Facebook pada Selasa, pukul 10.30. Perusahaan yang berbasis di California itu mengatakan bahwa kota itu dihapus karena kesalahan.

Di situsnya, Facebook mengatakan nama halaman harus akurat dan tidak boleh berisi frasa yang mungkin menyinggung.

"Kami senang bahwa jejaring sosial bertanggung jawab, menghapus konten ilegal dan bermasalah," kata Kieffer.

"Tapi masalah lainnya adalah mempertimbangkan bahwa pandangan manusia lebih unggul daripada kecerdasan buatan," dia menjelaskan.

Karena kejadian ini, Kieffer mengundang Kepala Eksekutif Facebook, Mark Zuckerberg, ke kota itu. Ia ingin memperlihatkan lanskap kota yang bersejarah.

Kota Ville de Bitche yang berada di timur laut Prancis itu terkenal dengan Bitche Citadel. Cerita monumen bersejarah itu yakni sulit untuk diambil alih penyerang dan mampu bertahan selama 230 hari selama Perang Perancis-Prusia pada tahun 1870.

Divisi Infanteri ke-100 di Fort Jackson, Carolina Selatan membantu membebaskan Bitche dari pendudukan Jerman pada Maret 1945. Mereka lalu mendapatkan julukan Sons of Bitche, menurut situs web Grove.

"Bitchois dan bitchoises bangga memakai nama ini. Orang Amerika sudah memakainya dengan bangga dengan sentuhan humor tentunya," tambah Kieffer.

Kota unik terdekat lainnya bernama Rohrbach-lès-Bitche. Otoritasnya telah mengambil tindakan pencegahan dan mengganti nama halamannya menjadi Ville de Rohrbach pada 12 April.



Simak Video "Kasus Varian Corona Inggris Mendominasi Wilayah Prancis"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA