Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 20 Apr 2021 16:06 WIB

TRAVEL NEWS

Wow! UEA Mau Bikin Tempat Wisata Ala Maldives di Indonesia

Maldives
Ilustrasi Maldives Foto: Afif Farhan
Jakarta -

Grup investor dari Uni Emirat Arab mengucurkan ratusan juta dolar di sektor pariwisata Indonesia. Mereka rupanya menginginkan ada semacam wisata ala Maldives di Indonesia.

Menurut Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno, UEA sudah menyatakan minatnya untuk mengembangkan kawasan wisata di daerah seperti Aceh dan Nusa Tenggara Barat.

"Karena relatif dekat, mereka lagi melihat bagaimana penerbangan langsung, pulau-pulau di Aceh mau mereka bikin seperti di Maldives. Sebetulnya itu yang keluar dari diskusi kita," ujar Sandiaga Uno saat ditemui detikcom di kantor kerjanya, Gedung Sapta Pesona, lantai 16, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta.

Sandi menambahkan, resort yang biasa ditemui di Maldives menarik minat UEA untuk diterapkan di Indonesia. "Cottage di Maldives itu kan on the water, itu yang menarik buat mereka, terbuka, lebih secluded (terpencil), bisa buat keluarga. Nah itu yang bisa cocok untuk wisatawan dari mereka (UEA)," jelasnya.

Maldives pun dari sisi demografi memiliki kesamaan dengan Indonesia dimana mayoritas penduduknya beragama Islam.

Untuk memperlancar hal ini, pemerintah Indonesia akan menyiapkan aturan mengenai Kawasan Ekonomi Khusus di Aceh dan insentif-insentif yang harus dikeluarkan. "Karena ini kan lintas kementerian. Kemenkeu untuk insentif, pelabuhan untuk Kemenhub, ini merupakan proyek jangka menengah dan panjang," ujarnya.

Saat ditanya kenapa UEA tidak tertarik mengembangkan wisata di Raja Ampat, yang juga memiliki potensi bahari, hal ini terjadi karena lahan di Raja Ampat terbatas. "Mereka tertarik tapi ada limitasi, lahannya sangat terbatas, Raja Ampat itu lebih ke wisata bahari yang bukan pantainya, kalau Pulau Banyak (Aceh) ini lebih banyak variasinya untuk dikembangkan," jelas Sandiaga.

Di Pulau Banyak Kabupaten Aceh Singkil, ada beberapa pulau-pulau yang dapat dipertimbangkan sebagai lokasi pengembangan kawasan wisata mewah antara Pulau Ujung Batu, Pulau Sikandang, Pulau Balong, Pulau Asok, Pulau Ragaraga, Pulau Orongan, Pulau Matahari, Pulau Tambarat dan Pulau Bangkaru.

Peta Google yang menunjukkan Pulau Banyak, Aceh



Simak Video "Kapal Diserang Rudal, Israel Tuduh Iran"
[Gambas:Video 20detik]
(ddn/iah)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA