Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 21 Apr 2021 15:16 WIB

TRAVEL NEWS

Bali Terjunkan Tim Gabungan Tindak Bule yang Wajahnya Dilukis Masker

Sui Suadnyana
detikTravel
Viral 2 WNA di Bali mengelabui petugas dengan wajah yang dilukis masker (Screenshot video viral)
Foto: Viral 2 WNA di Bali mengelabui petugas dengan wajah yang dilukis masker (Screenshot video viral)
Denpasar -

Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kamwil Kemenkumham) Bali bakal melibatkan tim gabungan untuk menindak bule yang kelabui petugas dengan melukis gambar masker di wajah. Sebab pelanggaran bule tersebut bukanlah pelanggaran keimigrasian. Bule tersebut sebelumnya telah viral di media sosial.

"Adanya viral tentang orang bule yang melukis masker di wajahnya untuk mengelabui petugas tentunya kami dari Kementerian Hukum dan HAM tetap melakukan penertiban. Terkait hal ini karena pelanggaran tersebut sesungguhnya bukan pelanggaran keimigrasian dan kami tidak bisa bertindak sendiri kami harus melibatkan instansi lain seperti polisi dan Satpol PP," kata Kakanwil Kemenkumham Bali, Jamaruli Manihuruk dalam rekaman suara yang diterima detikcom, Rabu (21/4/2021).

Jamaruli mengatakan, selama ini pihaknya telah melakukan razia di beberapa tempat yang bekerja sama dengan kepolisian dan Satpol PP. Razia ini dilakukan guna memberikan sanksi terhadap masyarakat yang melanggar protokol kesehatan.

Razia tersebut terakhir kali dilakukan pada 20 April 2021 di depan Kantor Desa Canggu, Kacamatan Kuta, Kabupaten Badung. Di sana ditertibkan atau pemberian sanksi kepada 22 negara Indonesia dan 19 WNA. Dari 19 WNA tersebut, 4 orang dikenakan denda dan 15 orang ditegur secara lisan.

Menurut Jamaruli, penegakan protokol kesehatan ini diatur dengan Peraturan Gubernur (Pergub) Bali Nomor 10 tahun 2021 tentang Penerapan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan Sebagai Upaya Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus Disease 2019 Dalam Tatanan Kehidupan Era Baru. Aturan ini merupakan perubahan dari Pergub Nomor 46 tahun 2020. Di aturan tersebut juga ada keterlibatan imigrasi.

"Ketika orang asing pertama kali melanggar prokes itu bisa didenda Rp 1 juta jika melanggar atau tidak menaati protokol kesehatan, termasuk di antaranya tidak menggunakan masker. Dan bila kedua kali melakukan pelanggaran maka orang asing tersebut bisa dideportasi dari Indonesia, itu sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku," terangnya.

Sebelumnya berdasarkan penelusuran yang dilakukan oleh detikcom, video bule lukis wajah tersebut pertama kali diunggah oleh akun Facebook Josh Paler Lin. Unggahan akun tersebut kemudian ditangkap layar dan dibagikan oleh Niluh Putu Ary Pertami Djelantik dalam akun Instagramnya @niluhdjelantik.

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Sarpol PP) Provinsi Bali, I Dewa Nyoman Rai Dharmadi mengatakan, bahwa pihaknya belum mengetahui di mana kejadian tersebut. Ia juga belum mengetahui nama, tempat tinggal dan asal dari kedua bule tersebut.

Meski begitu, dirinya menilai hal semacam ini seharusnya ditindak oleh Satgas setempat. Ia mengaku tak ingin Bali dicap sebagai daerah yang tidak konsisten dalam penegakan protokol kesehatan.

"Yah kalau ada yang mendapati hal-hal semacam ini tindak saja oleh aparat setempat/satgas gotong royong. Jangan sampai dianggapnya Bali tidak konsisten menegakkan dengan denda. Bahkan bila perlu dideportasi saja oleh imigrasi (Bali)," kata Dewa Dharmadi.



Simak Video "Bule yang Prank Lukis Masker di Wajah Akhirnya Dideportasi!"
[Gambas:Video 20detik]
(sym/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA