Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 24 Apr 2021 13:45 WIB

TRAVEL NEWS

Sandiaga Dorong Percepatan Vaksinasi Pelaku Parekraf di Sumbar

Jeka Kampai
detikTravel
Sandiaga Uno di Padang
Foto: (Jeka Kampai/detikcom)
Pariaman -

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno, mendorong Pemerintah Daerah Provinsi Sumatra Barat melakukan percepatan pelaksanaan vaksinasi bagi pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif sebagai salah satu upaya membangkitkan kembali sektor parekraf.

"Untuk vaksin, Pemprov Sumbar menyatakan bahwa penyediaan vaksin (bagi pelaku parekraf) akan segera dihadirkan," kata Menparekraf Sandiaga Uno usai melakukan kunjungan ke Desa Wisata Tungkal Selatan, Pariaman, Jumat (23/4/2021) sore.

Vaksinasi merupakan salah satu dari beberapa pilar utama dalam upaya menekan penyebaran COVID-19, termasuk di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Karenanya, secara ideal, sebelum membuka kembali pariwisata dan ekonomi kreatif secara penuh, para pegiat pariwisata harus mendapatkan vaksinasi.

Menurut Sandi, pemerintah berkomitmen untuk terus menyiapkan ketersediaan vaksin.

"Kerja sama antara pemerintah provinsi, pemerintah kabupaten dan pemerintah kota di Sumatra Barat menjadi kunci," kata Sandiaga.

Wakil Gubernur Sumatra Barat, Audy Joinaldy, mengatakan vaksinasi menjadi salah satu program utama yang dijalankan pihaknya. Pemprov Sumbar dikatakannya juga akan jemput bola dengan menyiapkan pusat vaksinasi di Masjid Raya Sumatra Barat.

"Kami akan jemput bola, kita akan mulai coba buka vaksin di masjid raya. Jadi silakan nanti bagi pegiat pariwisata bisa datang langsung," kata Audy Joinaldy.

Sandiaga Uno di PadangSandiaga Uno di Pariaman Foto: (Jeka Kampai/detikcom)

Desa Wisata Tungkal Selatan

Dalam kesempatan itu Menparekraf Sandiaga Uno mengapresiasi keberadaan Desa Wisata Tungkal Selatan sebagai salah satu destinasi wisata unggulan di Pariaman. Desa Wisata Tungkal Selatan menjadi contoh wujud kehadiran desa wisata. Selain sebagai pemberdayaan potensi, juga untuk menambah geliat ekonomi masyarakat.

Desa Wisata yang hadir sejak tahun 2019 ini memiliki berbagai atraksi seperti agrowisata, sepeda, balon gantung, dan flying fox. Dalam kesempatan itu Menparekraf Sandiaga berkesempatan mencoba wahana sepeda gantung.

"Kota Pariaman ini sudah sangat maju dan komitmen dari Wali Kota dan seluruh kepala desa di tiap jajaran mendukung program desa wisata berbasis alam dan budaya," kata Sandiaga.

Ia pun optimistis desa wisata akan menjadi salah satu faktor penting dalam pemulihan ekonomi. Termasuk pariwisat dan ekonomi kreatif sebagai bagian dari pembangunan kedepan.

"Saya titip untuk kepatuhan terhadap penerapan protokol kesehatan yang ketat dan disiplin dapat selalu dijaga," kata Sandiaga didampingi Wali Kota Pariaman, Genius Umar.



Simak Video "Momen Sandiaga Uno Dipakaikan Ikat Kepala Lambang Keagungan"
[Gambas:Video 20detik]
(sym/sym)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA