Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 30 Apr 2021 22:44 WIB

TRAVEL NEWS

Pasca Erupsi Kawah Sileri, Obyek Wisata Lain di Dieng Tetap Buka

Uje Hartono
detikTravel
Pasca erupsi Kawah Sileri pada Kamis (29/4/2021) petang, obyek wisata di dataran tinggi Dieng tetap buka untuk umum seperti biasa. Hanya untuk Kawah Sileri masih tidak diperbolehkan mendekat dengan jarak aman 500 meter dari bibir kawah.
Boardwalk di Kawah Sikidang. (Foto: Uje Hartono)
Banjarnegara -

Pasca erupsi Kawah Sileri pada Kamis (29/4/2021) petang, obyek wisata di dataran tinggi Dieng tetap buka untuk umum seperti biasa. Hanya untuk Kawah Sileri masih tidak diperbolehkan mendekat dengan jarak aman 500 meter dari bibir kawah.

Berdasarkan pantauan detikcom, Jumat (30/4/2021) sejumlah wisatawan terlihat keluar masuk di komplek Candi Arjuna. Selain itu, juga terlihat wisatawan di Kawah Sikidang.

Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pengelolaan obyek wisata Dieng Sri Utami mengatakan, semua obyek wisata di dataran tinggi Dieng tetap dibuka untuk wisatawan. Hanya, wisatawan tetap menerapkan protokol kesehatan.

"Untuk obyek wisata lain tetap buka seperti biasa. Karena memang jarak antara Kawah Sileri dengan obyek wisata lain itu jauh. Padahal jarak aman 500 meter dari bibir kawah," kata dia saat ditemui di lokasi Kawah Sikidang, Jumat (30/4/2021).

Ia memastikan, wisatawan aman berkunjung ke Dieng pasca terjadi erupsi di Kawah Sileri. Namun demikian, pihaknya terus melakukan koordinasi dengan Pos Pemantauan Gunung Api Dieng untuk melihat perkembangan kondisi kawah sileri.

"Saya pastikan aman untuk obyek wisata lainnya. Kami terus melakukan koordinasi dengan Pos Pemantauan Gunung Api Dieng. Termasuk dengan pengelola wisata air hangat D'Qiano yang berada dekat dengan Kawah Sileri. Sejauh ini wisata air hangat juga tetap dibuka," ujarnya.

Ibnu, salah satu wisatawan asal Magelang mengaku tidak khawatir berkunjung ke obyek wisata di Dieng meski terjadi erupsi di Kawah Sileri. Mengingat jarak antara Kawah Sileri dengan wisata lainnya cukup jauh.

"Saya dengar kalau erupsi tadi pagi. Tetapi tidak apa-apa, karena saya tahu jarak antara Kawah Sileri dengan obyek wisata lain itu jauh-jauh," tuturnya.



Simak Video "Penampakan Sumber Air di Karanganyar yang Bisa Terbakar"
[Gambas:Video 20detik]
(ddn/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA