Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 05 Mei 2021 10:18 WIB

TRAVEL NEWS

Efek Internet Mati di Papua, Pesan Hotel dan Tiket Pesawat Ribet

Internet Papua
Papua Foto: finoyk/detikcom
Jakarta -

Matinya jaringan internet di Papua sejak beberapa hari lalu sangat berdampak pada usaha travel dan perhotelan. Bagi orang yang akan bepergian ke luar Papua, otomatis tidak bisa membeli tiket pesawat secara online.

Selain itu pelaku usaha travel yang tidak bisa menjual tiket karena operasional internet menggunakan Indihome, sedangkan Indihome juga gangguan. Jadi para calon penumpang memesan tiket melalui saudara atau teman di luar Papua, kemudian kode booking tiket dikirim lewat sms.

"Pengguna hp di papua, sebagian besar menggunakan telkomsel, karena mampu menjangkau ke kabupaten-kabupaten di luar kota Jayapura. Operator seluler lainya di papua adalah Indosat, namun Indosat sinyal kuat hanya sebatas di kota Jayapura saja, di luar kota Jayapura, tidak ada sinyal Indosat. Kalau XL tidak ada di Papua," ujar Hari Suroto, warga yang tinggal di Jayapura.

Sulitkan Isi Aplikasi e-HAC

Gangguan internet juga berdampak pada calon penumpang pesawat yang akan check in di Papua, mereka harus isi aplikasi e-HAC Kemenkes, dengan tidak adanya jaringan internet maka aplikasi e-HAC diganti lembar isian secara manual sehingga timbul antrean panjang.

"Sejak internet gangguan, pemesanan kamar hotel di papua juga menurun, selama ini kamar hotel dipesan melalui aplikasi Traveloka, pegi-pegi, tiket.com dan sebagainya. Sejak internet padam, pemesanan kamar hotel dilakukan secara manual, datang langsung ke resepsionis. Para sopir angkutan online juga mengeluh, pendapatan mereka turun drastis, tidak ada penumpang yang pesan lewat aplikasi untuk antar mereka ke bandara," ujar pria yang sehari-harinya aktif di Balai Arkeologi Papua ini.

Dia menekankan jaringan serat optik di Papua harus dibenahi, apalagi di bulan Oktober Papua akan menjadi tuan rumah PON XX. Jadi internet di sana harus kencang dan stabil.

"Internet sangat berdampak pada wisata dan ekonomi kreatif di Papua. Selama ini produk ekonomi kreatif yang dijual secara daring seperti tas noken, lukisan kulit kayu, batik Papua, kopi Papua tidak bisa dijual secara daring lagi sejak internet terganggu," ujarnya.

Selanjutnya: Telkom Klaim Akses Internet di Jayapura Sudah Pulih

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Tren Transaksi Tokopedia di Papua Meningkat di Kuartal II 2021"
[Gambas:Video 20detik]
BERITA TERKAIT
BACA JUGA