Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 14 Mei 2021 07:31 WIB

TRAVEL NEWS

'Panti Jompo' untuk Gajah-gajah Bekas Sirkus

Syanti Mustika
detikTravel
Gajah di White Oak Conservation
Gajah (Stephanie Rutan/White Oak Conservation)
Jakarta -

Di Florida terdapat konservasi yang menampung gajah-gajah dari atraksi sirkus. Mereka menjadi rumah bagi puluhan gajah Asia.

Diberitakan Travel+Leasure, Jumat (14/5/2021) sekelompok gajah Asia yang pernah menjadi bagian dari Ringling Bros dan Barnum & Bailey Circus mulai pindah ke rumah jompo mereka di Florida utara. Gajah-gajah ini akan ditampung di White Oak Conservation, yang terletak di utara Jacksonville, Florida.

Pada hari Senin, 12 gajah betina berusia 8 hingga 38 tahun tiba di habitat hutan baru mereka di White Oak Conservation. Ke-12 gajah yang baru dipindahkan ke White Oak dilepaskan ke dua padang besar.

Ini adalah tempat perlindungan bagi spesies langka yang terletak di utara Jacksonville dan tepat di selatan garis Florida-Georgia. Nanti setidaknya 20 gajah sirkus diperkirakan akan segera tiba di pengungsian.

Gajah di White Oak ConservationGajah di White Oak Conservation Foto: ( Stephanie Rutan/White Oak Conservation)

Menurut CBS News, atraksi gajah adalah hal utama di Ringling Bros and Barnum & Bailey Circus untuk sebagian besar dari 146 tahun sejarahnya. Tetapi setelah diprotes publik atas apa yang dikatakan banyak orang sebagai kekejaman terhadap hewan, atraksi tersebut dihentikan pada tahun 2016.

Setelah meninggalkan sirkus, gajah White Oak pertama kali dibawa ke cagar alam di selatan Orlando. Segera setelah itu, sebuah organisasi nirlaba bernama Walter Conservation membeli gajah dan mulai membangun rumah perlindungan hewan.

Adapun tujuannya adalah untuk memindahkan semua gajah yang dibeli oleh Water Conservation ke White Oak. Kata pejabat White Oak, gajah-gajah tersebut nantinya ditemani oleh dokter hewan dan spesialis perawatan hewan saat dalam proses pemindahan.

Gajah di White Oak ConservationGajah di White Oak Conservation Foto: ( Stephanie Rutan/White Oak Conservation)

White Oak Conservation didirikan pada tahun 1982 dan telah diperluas menjadi sekitar 17.000 hektar. Selain gajah, suaka margasatwa ini juga menjadi rumah bagi badak, okapi, bongo, rusa Dama, dan cheetah.

Dalam kawasan White Oak terdapat banyak makanan yang tersedia di habitat baru untuk gajah. Mereka juga tinggal di dekat kandang dan pengasuh manusia mereka. Bisa bebas berkeliaran ke dalam hutan, berkubang di lumpur, dan berenang di kolam.

Sekedar informasi saja untuk kamu, gajah Asia terancam punah di alam liar lho. Jumlah mereka hanya sekitar 30.000- 50.000 spesies yang tersisa. Spesies ini terancam oleh degradasi dan fragmentasi habitat, konflik dengan manusia, dan perburuan.



Simak Video "Momen Langka! Sekawanan Gajah Tidur Bersama di Tengah Hutan"
[Gambas:Video 20detik]
(sym/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA