Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 14 Mei 2021 19:07 WIB

TRAVEL NEWS

Turis Lokal-Prancis Ramaikan Candi Karawang Hari Ini

Candi Batujaya Karawang
Candi Batujaya Karawang (Foto: Yuda Febrian Silitonga/detikcom)
Karawang -

H+1 lebaran tahun ini, kompleks situs Candi Batujaya, Karawang mulai ramai dikunjungi. Ada wisatawan lokal dan juga asal Prancis.

Dari pantauan detikTravel sejak pukul 15.00, komplek situs Candian Batujaya yang terletak di perbatasan Karawang-Bekasi ramai dikunjungi banyak wisatawan. Ada lebih dari ratusan wisatawan yang berasal dari Karawang-Bekasi tampak banyak melakukan selfie atau berswafoto di sekitaran candi.

"Kalau rata-rata yang datang itu dari Karawang sama Cabangbungin Bekasi," kata Nayan Kurniawan (45) petugas yang berjaga di situs Candi Batujaya.

Tidak terlihat pemeriksaan ketat dari petugas di situs Candi Batujaya soal edaran dari pemerintah mengenai klasifikasi wisatawan yang boleh berkunjung dan yang tidak boleh berkunjung.

"Kalau soal pemeriksaan, kami hanya cek protokol kesehatan, dan suhu, tidak ada sampai cek KTP, dan wisatawan juga paling dari Bekasi, karena wilayah ini masuk perbatasan, antara Karawang-Bekasi," ungkapnya.

Namun, dari hasil pantauan, beberapa wisatawan juga ada yang berasal dari Pamulang, Jakarta, juga turis asal Prancis. "Saya dari Pamulang mas, ini lagi silaturahmi ke keluarga di Karawang, jadi diajakin ke sini, buat liat-liat Candi Batujaya," tutur Wisnu, salah satu wisatawan.

Candi Batujaya KarawangTuris asing di Candi Batujaya Karawang Foto: Yuda Febrian Silitonga/detikcom

Sementara itu, datang menggunakan sepeda, Philip, turis asal Prancis bergerak bebas memasuki wisata Candi Batujaya, Karawang. "Saya dari Jakarta, bersepeda, sejak subuh, mau ke candi," kata Philip.

Sebelumnya, ia datang dengan menggunakan sepeda, kemudian, petugas mendatanginya, menanyakan identitas. "Where do you come from, can speak Indonesia," tanya Nayan Kurniawan petugas penjaga, kepada turis asal Prancis tersebut.

Candi Batujaya KarawangCandi Batujaya Karawang (Foto: Yuda Febrian Silitonga/detikcom)

"Iyah saya bisa bahasa Indonesia, sedikit, saya dari Jakarta," jawab Philip.

"Saya pertama kali datang ke sini," katanya kembali.

Setelah selang setengah jam, ia lalu pergi pulang ke Jakarta. Saat detikcom menanyai maksud kunjungannya, ia tidak ingin menjawab.

"Maaf, saya mau pulang," pungkasnya sembari keluar dari museum di Candi Batujaya itu.



Simak Video "Satgas COVID-19 Karawang Bubarkan Kerumunan Pemesan Promo BTS Meal"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/msl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA