Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 15 Mei 2021 19:57 WIB

TRAVEL NEWS

Wisata Murah Meriah di Bogor, Menunggangi "Rangga" di Alun-alun Empang

Sol Lamer
detikTravel
Kawasan alun-alun Empang Bogor
Foto: (Sol Lamer/detikcom)
Bogor -

Kawasan alun-alun Empang Bogor ramai dikunjungi warga di hari libur H+2 Lebaran. Puluhan warga yang didominasi anak-anak ini nampak antre menunggu giliran untuk menunggangi kuda lepas dan delman.

Kawasan alun-alun Empang, Kota Bogor memang jadi salah satu lokasi favorit warga yang ingin berwisata menunggangi kuda lepas dan delman. Kawasan ini semakin ramai ketika musim libur Lebaran.

Lahan kosong yang kini masih dalam proses penataan Pemkot Bogor di jadikan lokasi wisata berkuda oleh warga. Dengan ongkos yang terbilang murah, pengunjung bisa menunggangi kuda berkeliling lahan kosong seluas lapangan sepak bola. Pengunjung juga bisa menyewa delman dan berkeliling kawasan Empang Bogor.

Pantauan di lokasi, kawasan alun-alun Empang yang berada di Kelurahan Empang, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor ramai di kunjungi pengunjung yang didominasi anak-anak. Mereka nampak antre menunggu giliran menunggangi kuda lepas dan delman.

Di sisi lain, nampak anak-anak tengah menunggangi kuda yang dipandu sang pemilik kuda mengelilingi lapangan alun-alun Empang. Meski sempat terlihat tegang ketika menunggangi kuda, tapi anak-anak nampak senang setelahnya. Beberapa bahkan merengek ke orangtuanya agar dibolehkan kembali menunggangi kuda dan berkeliling alun-alun.

"Satu putaran Rp 10 ribu pak. Kalau tiga putaran boleh Rp 25 ribu," kata salah satu pemilik kuda lepas, Ikhsan pada detikTravel, Sabtu (15/5/2021).

"Kuda saya namanya Rangga, umurnya 7 tahun. Ini dia masih gagah, mau naik pak?," tambah Ikhsan mengenalkan kuda lepasnya.

Ikhsan menyebut, wisata kuda lepas sudah mulai ramai sejak hari H lebaran. Rata-rata pengunjung adalah anak-anak yang tentunya didampingi oleh orangtuanya.

"Kalau yang naik sih banyaknya anak-anak. Tapi ada juga kadang orang dewasa, kebanyakan perempuan. Katanya sambil ngasuh sambil ngulang masa lalu," sebut Ikhsan.

Di momen libur Lebaran, kata Ikhsan, pengunjung memang lebih banyak dibanding hari biasa. Antrean anak-anak yang ingin menunggangi kuda lepas sudah terjadi sejak pagi hari.

"Ya Alhamdulillah, kalau Lebaran gini bisa dapat sampai Rp 500 ribu satu kuda, kadang-kadang bisa lebih. Yang penting kita mau nuntun kudanya saja, keliling lapangan. Tapi yang penting ada pengunjungnya," imbuh Ikhsan yang mengaku sudah sejak sekitar 3 tahun lalu menjadi pemilik kuda lepas dan menjajakannya di alun-alun Empang.

Salah satu pengunjung Alun-alun Empang, Ratna (31) mengatakan, wisata kuda lepas di kawasan Empang memang sudah ada sejak lama. Kawasan ini memang selalu ramai ketika masa liburan, terutama libur Lebaran.

"Di sini memang selalu ramai, apalagi pas musim Lebaran kaya gini. Saya juga waktu kecil diajak orangtua saya naik kuda di sini, kalau Lebaran pasti naik kuda ke sini," kenang Ratna.



Simak Video "Perantau di Bogor Mulai Mudik Lebih Awal"
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/rdy)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA