Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 16 Mei 2021 06:42 WIB

TRAVEL NEWS

Buntut Kerumunan dan Pengunjung Tidak Bermasker, Pantai Batukaras Ditutup Sampai Senin

Faizal Amiruddin
detikTravel
Pangandaran -

Objek wisata Pantai Batukaras di Kecamatan Cijulang, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat ditutup hingga Senin. Penyebabnya, wisatawan membeludak hingga menimbulkan kerumunan.

Situasi itu membuat pemerintah daerah Pangandaran was-was bakal ada lonjakan kasus Covid-19 usai libur panjang periode lebaran 2021. Apalagi, mayoritas pengunjung tidak memakai masker.

Pemerintah Kabupaten Pangandaran menggelar rapat evaluasi pada Sabtu (15/5/2021). Rapat digelar di pusat informasi turis Pangandaran. Rapat itu dipimpin langsung oleh Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata, Kapolres, dan Dandim Ciamis.

Agar tidak terjadi kerumunan di Pantai Batukaras lagi, dalam rapat itu diputuskan untuk menutup objek wisata Pantai Batukaras selama dua hari, mulai tadi malam pukul 24.00 WIB hingga Senin (17/5).

"Mulai malam ini Pantai Batukaras ditutup. Nanti, Senin sore saya akan mengumpulkan semua pelaku wisata dan Muspika," kata Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata.

Dia mengakui video viral suasana Pantai Batukaras pada Sabtu pagi menjadi sebuah pelajaran berharga.

"Yang terpenting, ke depan kejadian itu tidak terulang dan Pantai Batukaras bisa buka kembali. Yang saya sesalkan, masih banyak pengunjung yang tak pakai masker," kata Jeje.

Dari rapat itu muncul opsi buka tutup setelah Pantai Batukaras dan objek wisata di Pangandaran dibuka lagi untuk pelancong. Pengelola dan pemerintah membutuhkan waktu untuk menentukan kapasitas atau daya tampung setiap objek wisata yang ada di Pangandaran.

"Jika sudah diketahui kapasitas maksimal maka mudah melakukan skema buka tutup," kata Jeje.

Di samping itu Jeje menegaskan pengawasan protokol kesehatan di semua objek wisata yang ada di Pangandaran akan lebih diperketat. Terutama di jam-jam wisatawan berenang di pantai.

"Semua pihak harus membantu penerapan protokol kesehatan. Karena jika terulang, maka semua objek wisata di Pangandaran bisa ditutup, tak hanya Batukaras," kata Jeje.

(fem/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA