Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 16 Mei 2021 16:41 WIB

TRAVEL NEWS

TMII Ditutup, Buka Kembali 18 Mei 2021

Tim detikcom
detikTravel
Jakarta -

Selain Ancol dan Ragunan, Taman Mini Indonesia Indah juga tutup mulai 16-17 Mei 2021. Penutupan ini dilakukan sesuai arahan Dinas Pariwisata DKI Jakarta.

Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) Provinsi DKI Jakarta mengeluarkan surat yang mewajibkan tempat wisata di Jakarta ditutup. Keputusan ini diambil usai mereka melakukan evaluasi pembukaan tempat wisata pada 14-15 Mei 2021.

Penutupan sendiri dilakukan dengan tujuan untuk memperkuat protokol kesehatan dan mencegah penularan COVID-19 di tempat wisata. Surat keputusan ini ditandatangani Kepala Disparekraf DKI Jakarta Gumliar Ekalaya pada Sabtu, 15 Mei 2021.

"Sudah mulai hari ini gerbang TMII tidak dibuka," kata Kepala Bagian Humas TMII Adi Widodo yang dihubungi detikcom via pesan singkat pada Minggu (16/5/2021).

Adi menjelaskan saat TMII akan kembali dibuka pada 18 Mei 2021. Ia juga mengimbau bagi wisatawan yang sudah terlanjur membeli tiket online untuk menjadwalkan ulang kedatangan mereka karena TMII tidak melayani pengembalian uang.

"Kita buka kembali tanggal 18 Mei," ujarnya.

"Untuk refund sepertinya tidak, tapi penjadwalan ulang sampai 31 Mei. Mohon (pengunjung) untuk dikonfirmasi ke wahana bersangkutan, misal Taman Legenda, Skyworld, Tambur," ia melanjutkan.

Sebelumnya beredar video yang memperlihatkan tumpukan pengunjung yang hendak masuk ke TMII namun dihalangi petugas. detikcom sempat mewawancarai sejumlah pengunjung yang gagal liburan ke TMII.

Salah satunya Wahyu Hidayat (26) mengaku kecewa karena TMII tutup. Pasalnya, dia bersama keluarga sengaja ingin datang dari Bekasi untuk berwisata di TMII.

"Kecewa sih sedikit karena kita tidak boleh mudik, terus wisata juga ditutup, kita bingung mau ke mana, mau liburan di rumah aja anak-anak bosan, akhirnya kita mau cari tempat wisata di dalam kota dibatasi juga, ditutup, jadinya kita bingung," kata Wahyu saat ditemui di Pintu Gerbang 1 TMII, Jakarta Timur, Minggu (16/5/2021).

(pin/pin)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA