Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 17 Mei 2021 15:12 WIB

TRAVEL NEWS

Daftar 30 Negara yang Tidak Mengakui Israel, Salah Satunya Indonesia

Lusiana Mustinda
detikTravel
Warga Pakistan dan Iran memperingati Hari Al Quds Internasional. Dalam aksi itu, mereka membakar bendera Amerika Serikat dan juga Israel. Berikut fotonya.
Foto: AP Photo/Vahid Salemi
Jakarta -

Daftar negara yang tidak mengakui Israel ternyata cukup banyak. Meskipun 163 dari 193 negara anggota Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mengakui Israel. Akan tetapi ada 30 negara, termasuk Pakistan yang masih belum memiliki hubungan diplomatik dengan Israel.

Sejarah Israel

Dikutip dalam The News (17/05/2021), selama 400 tahun Israel berada di bawah kekaisaran Ottoman. Hingga akhirnya pada tahun 1917, Inggris berhasil menaklukkan Ottoman dan merebut Israel. Di bawah mandat Inggris, Negara Yahudi Israel akhirnya diproklamasikan pada tahun 1948.

Pada 13 Agustus 1948 atas prakarsa Washington DC terjadi kesepakatan untuk menormalkan hubungan antara UEA dengan Israel. Namun Pakistan tak pernah mengakui Israel. Perdana Menteri Pakistan Imran Khan secara tegas menyatakan bahwa pihaknya tidak akan mengakui ada negara Israel sampai Palestina merdeka dan menjadi negara berdaulat sendiri.


Sejarah Palestina

Palestina merupakan wilayah daratan kecil dengan ukuran sekitar 2.400 mil persegi. Wilayah Palestina terletak di antara Laut Mediterania dan Sungai Jordan.

Secara teoritis, Palestina mencakup Tepi Barat (wilayah yang membagi Israel dan Yordania) dan Jalur Gaza (tanah yang berbatasan dengan Israel dan Mesir). Palestina menjadi tempat konflik politik karena banyak yang memperebutkan wilayah Palestina karena dianggap sakral atau tanah suci.

Memiliki PDB sebesar USD 387,72 miliar, Israel mempertahankan hubungan diplomatik penuh dengan dua tetangga Arabnya yakni Mesir dan Yordania setelah menandatangani perjanjian perdamaian masing-masing pada tahun 1979 dan 1994.

Adapun beberapa daftar negara yang tidak mengakui Israel adalah Pakistan, Aljazair, Bahrain, Komoro, Djibouti, Irak, Kuwait, Lebanon, Libya, Maroko, Oman, Qatar, Arab Saudi, Somalia, Sudan, Suriah, Tunisia, Yaman, Afghanistan, Bangladesh, Brunei, Indonesia, Iran, Malaysia, Mali, Niger, Bhutan, Kuba, Korea Utara dan Venezuela.

Paspor beberapa negara juga tidak berlaku untuk perjalanan ke Israel. Ini termasuk Pakistan, Bangladesh, Brunei, Iran dan Irak. Sekitar 14 negara dunia tidak menerima paspor Israel seperti Pakistan, Aljazair, Bangladesh, Brunei, Iran, Irak, Kuwait, Lebanon, Libya, Malaysia, Arab Saudi, Sudan, Suriah dan Yaman.

Terkait konflik antara Israel dan Palestina hingga kini tak menemui titik terang. Bahkan ratusan orang telah menjadi korban akibat konflik Israel dan Palestina.



Simak Video "Detik-detik Tentara Israel Ditikam dalam Stasiun di Yerusalem"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/erd)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA