Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 19 Mei 2021 08:47 WIB

TRAVEL NEWS

Taman Nasional Ditutup, Gajah-gajah Way Kambas Nikmati Ketenangan

Bonauli
detikTravel
gajah
Gajah-gajah di Taman Nasional Way Kambas (Redha Andika Ahdi/d'Traveler)
Jakarta -

Taman Nasional Way Kambas masih tutup sejak pandemi Covid-19. Saat tak ada wisatawan, gajah-gajah di sana menikmati ketenangan.

Pusat Latihan Gajah (PLG) Taman Nasional Way Kambas (TNWK) berada di Kabupaten Lampung Timur, Provinsi Lampung. Kawasan itu merupakan habitat gajah.

"TNWK selalu dipadati warga yang berwisata untuk menyaksikan gajah jinak gajah Sumatera (Elephas maximus sumatranus), namun sejak virus Corona melanda Indonesia pada Maret 2020 pusat latihan gajah ini tidak ada yang mengunjungi karena itu pihak Balai TNWK menutup total area wisata konservasi tersebut," kata Humas Balai TNWK, Sukatmoko, seperti yang dilansir dari Antara.

Hingga saat ini, Taman Nasional Waykambas masih ditutup. Sukatmoko menjelaskan bahwa kebijakan ini diambil untuk menghindari kerumunan masyarakat yang menyebabkan penularan Covid-19.

[Gambas:Instagram]

"Kalau dibuka, dikhawatirkan menimbulkan kerumunan dan bisa berpotensi penyebaran virus Corona, sehingga lebih baik kami tutup saja dulu, sampai nanti dibuka jika benar-benar sudah dinyatakan aman," ujar Sukatmoko.

Tak hanya itu, penularan juga ditakutkan akan terjadi kepada gajah-gajah di sana. Seperti gorila, gajah juga mamalia yang bisa terjangkit virus manusia.

Selama tak ada pengunjung, gajah-gajah itu seolah mendapatkan me time. Mereka asyik menikmati kawasan Taman Nasional Waykambas tanpa gangguan.

"Aktivitas rutin gajah setiap harinya selama penutupan digembalakan, dimandikan, terus dibawa lagi ke kandangnya," ujarnya.

Selain itu, ketiadaan pengunjung membuat Taman Nasional Waykambas sangat bersih. Sukatmoko bilang bahwa selama penutupan, PLG bersih dari sampah yang biasanya dibawa oleh wisatawan.

Tak seperti kawasan wisata lainnya, PLG tetap menutup pintu untuk wisatawan selama libur lebaran. Kebijakan itu masih berlaku sampai waktu yang tak ditentukan.

"Hallo sobat hijau semua, Tabik puuun, mimin masih inget sebelum masa pandemi Covid-19 ada, kondisi Pusat Latihan Gajah (PLG) selalu dipadati pengunjung yang ingin menghabiskan masa libur Hari Raya Idul Fitri, tetapi dengan berat hati kami menyampaikan bahwa libur Hari Raya di tahun 2021 ini, Taman Nasional Way Kambas, masih belum dibuka untuk umum sampai waktu yang tidak ditentukan."

"Mari kita doakan supaya masa Pandemi Covid-19 ini segera berlalu, dan kita bisa kembali menikmati suasana Hutan Balai Taman Nasional Way Kambas.
Mari kita ikuti anjuran pemerintah untuk tetap di rumah saja, ya! Jangan lupa jaga jarak, pakai masker, rajin mencuci tangan dan jangan mudik. Terima kasih semua," tulis akun resmi TNWK.



Simak Video "Heboh Wabup Lampung Tengah Joget Tanpa Peduli Prokes"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA