Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 28 Mei 2021 06:45 WIB

TRAVEL NEWS

Kura-kura Raksasa Ini Dikira Punah 100 Tahun Lalu, Tapi Masih Hidup

Kura-kura raksasa di Kepulauan Galapagos
Kura-kura raksasa di Kepulauan Galapagos (Foto: CNN)
Jakarta -

Kura-kura raksasa ini diperkirakan punah 100 tahun lalu. Tapi ternyata, pemerintah Ekuador menyatakan bahwa makhluk itu masih hidup di Kepulauan Galapagos.

Diberitakan CNN, Ekuador mengkonfirmasi pada hari Selasa bahwa kura-kura raksasa yang ditemukan pada 2019 di Kepulauan Galapagos adalah spesies yang dianggap punah seabad lalu.

Taman Nasional Galapagos sedang mempersiapkan ekspedisi untuk mencari lebih banyak kura-kura raksasa dalam upaya menyelamatkan spesies tersebut.

Penyu itu ditemukan dua tahun lalu di Pulau Fernandina, selama ekspedisi gabungan antara Taman Nasional Galapagos dan Konservasi Galapagos Pulau ini salah satu yang termuda dan paling murni di kepulauan itu.

Ilmuwan dari Universitas Yale kemudian mengidentifikasinya sebagai spesies Chelonoidis phantasticus. Jenis itu telah dianggap punah lebih dari seabad yang lalu.

"Universitas Yale mengungkapkan hasil studi genetik dan perbandingan DNA masing-masing yang dibuat dengan spesimen yang diekstraksi pada tahun 1906," kata Galapagos Park dalam sebuah pernyataan.

Di Kepulauan Galapagos, yang menjadi dasar teori evolusi spesies di abad ke-19 oleh ilmuwan Inggris, Charles Darwin, banyak jenis kura-kura biasa dan kura-kura raksasa hidup bersama dengan flamingo, boobies, albatros, dan burung kormoran, sebuah keluarga spesies burung air.

Ekosistem di sana juga menampung sejumlah besar flora dan fauna yang termasuk dalam bahaya kepunahan.

"Itu diyakini punah lebih dari 100 tahun yang lalu. Kami telah menegaskan kembali keberadaannya," tulis Menteri Lingkungan Gustavo Manrique di akun Twitter-nya.

Saat ini, populasi kura-kura raksasa dari berbagai spesies diperkirakan mencapai 60.000 ekor, menurut data dari Taman Nasional Galapagos.

Salah satu kura-kura raksasa dikenal sebagai 'Lonesome George'. Kura-kura Pulau Pinta jantan yang terakhir diketahui dari spesies tersebut mati pada tahun 2012 tanpa meninggalkan keturunan.



Simak Video "Rusuh di Dua Penjara Ekuador, 21 Napi Tewas"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA