Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 08 Jun 2021 17:51 WIB

TRAVEL NEWS

Buat Vlog di Kali Talang Gunung Merapi, Wisatawan Tewas Jatuh ke Jurang

Achmad Syauqi
detikTravel
Objek wisata di kawasan Kalitalang, Klaten, ditutup untuk umum. Penutupan objek wisata tersebut dilakukan usai status Gunung Merapi meningkat menjadi siaga.
Foto: Kali Talang Gunung Merapi (Agung Mardika/detikcom)
Jakarta -

Diduga sedang membuat vlog di Kali Talang Gunung merapi, seorang wisatawan jatuh ke jurang. Naas, korban tewas dengan luka di kepala.

Wisatawan tersebut bernama Yusuf Adi Pamungkas (22), warga Desa Borangan, Kecamatan Manisrenggo, Klaten. Menurut saksi mata, wisatawan tersebut tidak melihat jurang di belakangnya saat membuat vlog.

"Korban itu ngevlog atau apa gitu. Jadi jalannya mundur tapi tidak tahu kalau di belakangnya jurang sehingga terjatuh," jelas Kaur Perencanaan Desa Balerante, Kecamatan Kemalang, Jainu, pada wartawan di lokasi, Selasa (8/6/2021).

Jainu menyebut korban datang ke lokasi sekitar pukul pagi tadi bersama tujuh orang rekannya. Rombongan datang mengendarai sepeda motor.

"Korban dan teman-teman sampai di lokasi sekitar pukul 06.00 WIB. Yang lain ada yang tiduran di gazebo, yang lain jalan sendiri-sendiri," ucap Jainu.

Jainu menerangkan korban bersama seorang temannya menuju ke tebing Watu Talang. Kala itu korban jalan mundur dan karena jalannya licin, korban pun terjatuh.

"Korban jalan mundur tapi tidak tahu di situ ada air, licin dan jatuh dari ketinggian sekitar 80 meter," sambung Jainu.

Dia menerangkan saat dievakuasi warga, korban sudah dalam kondisi meninggal dunia dengan luka di kepala. Lokasi wisata itu pun sebenarnya sudah ditutup sejak tahun lalu karena pandemi Corona atau COVID-19. Pihaknya pun menerima laporan pukul 07.30 WIB tadi.

"Padahal sejak COVID dan Merapi Siaga objek wisata itu kita tutup. Jadi datang ke lokasi tidak izin karena tidak ada yang tahu," ujarnya.

Penambang Pasir Melihat Korban Jatuh

Terpisah, salah seorang sopir truk pengangkut pasir di lokasi, Burhan (40) menyebut peristiwa jatuhnya korban terjadi sekitar pukul 07.00 WIB tadi. Saat peristiwa itu terjadi banyak para penambang pasir yang sudah di lokasi.

"Dikira orang atau bukan, ternyata setelah dicek ramai-ramai orang jatuh di Sungai Woro. Kepalanya jatuh di batu sehingga meninggal dunia," kata Burhan pada detikcom di lokasi.

"Saya pas antre mencari pasir, jadi banyak yang tahu. Korban bercelana pendek, kelihatan sedang wisata," sambung Burhan.

Korban Terpeleset Saat Ngevlog

Terpisah, Kapolsek Kemalang AKP Suharto mengaku mendapat laporan pukul 07.30 WIB. Korban pun diketahui terjatuh karena asyik ngevlog sehingga jatuh ke jurang.

"Kita dapat laporan langsung ke TKP. Korban sudah meninggal, luka kepala, bahu, paha, kaki tulang patah dan di dekat batu besar. Menurut rekan korban, Guntur, korban ngevlog. Posisi korban berjalan mundur, tidak tahu belakang itu terpeleset, jatuh ke jurang," terang Suharto.



Simak Video "Wisatawan Pantai Dreamland Bali Ditemukan Tewas Usai Hilang 3 Hari"
[Gambas:Video 20detik]
(elk/elk)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA