Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 11 Jun 2021 06:11 WIB

TRAVEL NEWS

Deretan Hewan Hobi Tidur, Tebak Juaranya

Syanti Mustika
detikTravel
Kungkang
Foto: (Getty Images)
Jakarta -

Semua makhluk hidup butuh istirahat, termasuk para hewan. Ini dia nih deretan hewan-hewan dengan durasi tidur terlama. Sampai 22 jam per hari lho!

Idealnya, manusia tidur 7-8 jam per hari. Bagaimana dengan satwa?

detikcom telah merangkum nih, Jumat (11/6/2021) juara tidur dari dunia hewan, nih. Rupanya, posisi teratas adalah koala yang bisa tidur hingga 22 jam dalam sehari lho.

Berikut deretan hewan degan durasi tidur terlama alias hewan tukang tidur:

1. Koala (22 jam)

Salah satu spesies paling gampang mengantuk adalah koala. Hewan yang dilindungi ini suka bermalas-malasan dan tidur hingga 22 jam per hari lho.

Salah satu yang menyebabkan mereka bisa tidur lama adalah faktor makanan. Koala memakan daun kayu putih yang memang tidak memberikan banyak nutrisi untuk koala.

Jadi jangan heran deh kalau koala gampang lemas karena makanannya tidak mencukupi kebutuhannya.

Koala di New South Wales, Australia, diprediksi punah tahun 2050. Pemerintah dan tim relawan  turun tangan untuk bahu membahu melindungi spesies dan habitatnya.Koala di New South Wales, Australia, diprediksi punah tahun 2050. Pemerintah dan tim relawan turun tangan untuk bahu membahu melindungi spesies dan habitatnya. Foto: Getty Images/Lisa Maree Williams

Dikutip dari BBC, pernah disebutkan terdapat sebuah penelitian terhadap aktivitas koala di Victoria. Mereka sebenarnya tidur sekitar 14,5 jam dan menghabiskan waktu hampir lima jam untuk istirahat. Mereka membutuhkan waktu untuk mencerna makanan mereka, yaitu daun kayu putih, dan hanya memberikan energi yang rendah.

2. Kungkang (20 jam)

Hewan mamalia yang bisa ditemukan di Amerika Tengah dan Selatan ini punya jam tidur mencapai 20 jam, lho. Kungkang yang memiliki ciri khas pergerakan lambat biasanya tidur di pepohonan. Hebatnya, mereka bisa tidur kapanpun tanpa memandang waktu siang ataupun malam.

KungkangKungkang Foto: (Getty Images)

3. Armadillo

Dalam artikel BBC dituliskan bahwa mencari hewan liar dan memantau kebiasaan mereka merupakan tantangan yang cukup berat bagi para peneliti. Mereka rela tidak tidur berhari-hari demi hewan-hewan ini.

Sebagai contoh, armadillo raksasa masuk dalam daftar hewan yang mudah mengantuk menilik dari kebiasaan mereka menghabiskan waktu sekitar 18 jam di dalam liang bawah tanah. Tetapi tidak ada bukti bahwa mereka menghabiskan seluruh waktu untuk istirahat tidur.

"Sebenarnya kami menduga mereka juga makan, secara umum liang mereka dekat dengan gundukan sarang rayap dan kamar tidur mereka seringkali berada di dasar gundukan rayap itu," Dr Arnaud Desbiez, koordinator Proyek Pantanal Giant Armadillo.

Kemudian, urutan keempat hingga ketujuh ditempati oleh hewan-hewan berikut ini:

4. Kera malam (17 jam)
5. Singa (15- 20 jam)
6. Tupai (15 jam)
7. Kelelawar (19 jam)



Simak Video "Sambut Idul Adha, Pasar di Irak Dibanjiri Pembeli"
[Gambas:Video 20detik]
(sym/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA