Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 11 Jun 2021 07:41 WIB

TRAVEL NEWS

Korea Selatan Bikin Travel Bubble untuk Asia Tenggara, Indonesia Nggak Masuk

Syanti Mustika
detikTravel
A crowded street in the Dongdaemun District of South Korea. There are many storefronts and people. Photo taken during a cold winter day.
Ilustrasi wisata Korsel (iStock)
Jakarta -

Pecinta drakor yang ingin berkunjung ke Korea Selatan harus bersabar lebih lama lagi. Korsel buka travel bubble Asia Tenggara, tapi Indonesia tidak termasuk.

Dirangkum detikcom, Jumat (11/6/2021) Korea Selatan sedang mempersiapkan travel bubble dengan negara Asia Tenggara. Adapun negara yang sedang mereka lobi adalah Singapura dan Taiwan.

Kementerian Perhubungan Korsel pada hari Rabu (9/6) menyebut akan membuka gerbang negara khusus untuk turis yang sudah menyelesaikan dua dosis vaksin Covid-19. Selain itu, turis yang diizinkan masuk Korsel mereka yang berasal dari negara-negara yang memiliki langkah-langkah pengendalian virus Corona yang kuat dan relatif berhasil.

Selain Singapura dan Taiwan, Korsel juga akan menjangkau wilayah Guam, Saipan dan Thailand untuk membuka kembali perjalanan lewat udara.

Sementara itu, Kementerian Transportasi Korsel berencana untuk mengizinkan hanya paket wisata yang dipilih pada fase pertama dari program travel bubble ini. Dan mereka yang mendaftar harus mengikuti rencana perjalanan dan dilarang keras berkeliaran dengan bebas.

Mereka yang terpilih tetap harus melakukan tes Covid-19 dan menyerahkan hasil tes negatif tiga hari sebelum keberangkatan dan tes lagi setibanya di tempat tujuan.

Tapi di tengah wacana itu muncul bocoran dari pejabat bahwa prospek penandatanganan kesepakatan travel bubble dengan Singapura, Guam atau Saipan lebih tinggi karena mereka telah menunjukkan banyak antusiasme untuk kesepakatan semacam itu.

Singapura pernah mewacanakan membuka gelembung perjalanan udara bilateral pertamanya dengan Hong Kong November lalu. Tetapi, rencana itu ditunda dua kali setelah lonjakan kasus Covid-19.

Guam dan Saipan (wilayah Amerika Serikat) telah mengizinkan turis yang divaksin yang disetujui AS, seperti Pfizer, Moderna, dan Janssen, untuk dibebaskan dari karantina wajib selama dua minggu. Jeju Air, maskapai penerbangan anggaran terbesar Korea Selatan, telah memulai kembali penerbangan ke Saipan untuk mengantisipasi lonjakan permintaan perjalanan.



Simak Video "Travel Bubble antara Singapura dan Australia Terancam Batal!"
[Gambas:Video 20detik]
(sym/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA