Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 16 Jun 2021 16:13 WIB

TRAVEL NEWS

Catatan Pilot di Awal Pandemi Ditemukan di Pesawat Setelah 435 Hari

Syanti Mustika
detikTravel
Ilustrasi pesawat
Foto: iStock
California -

Tidak ada yang tahu apa yang terjadi di masa depan karena pandemi Corona ini. Contohnya bisa kita simak dalam catatan pilot yang ditulis di awal pandemi.

Seorang pilot bernama Chris Dennis tidak mengira, catatan yang dia tulis di awal pandemi saat akan 'menidurkan' pesawat baru ditemukan di hari ke 435. Padahal dia awalnya mengira pesawat hanya diparkir selama 2 minggu saja.

Mengutip Fox News, setelah memarkirkan pesawat Delta Air Lines pada 23 Maret 2020 lalu, Dennis menulis sebuah catatan kepada pilot pesawat berikutnya dan meletakkannya di meja nampan. Catatan itu tidak terlihat lagi selama 435 hari, sampai kopilot Nick Perez menemukannya awal bulan ini, menurut Delta.

Catatan pilot di pesawat DeltaCatatan pilot di pesawat Delta Foto: (dok Delta)

"Hai pilot. Ini tanggal 23 Maret dan kami baru saja tiba dari MSP (Minneapolis). Sangat mengerikan melihat begitu banyak armada kami di padang pasir. Jika Anda di sini untuk mengambilnya, maka itu artinya 'ada seberkas cahaya di ujung terowongan'. Luar biasa betapa cepatnya perubahan itu. Selamat terbang dengan membawanya keluar dari tempat parkir!" tulis Dennis dalam catatan 2020-nya.

Dennis mengatakan kepada Delta bahwa parahnya situasi menghantamnya saat pesawat mendarat karena pandemi.

"Saat kami melintasi landasan pacu: pesawat Delta. Sulit untuk membayangkan berapa banyak pesawat yang dimiliki Delta sampai Anda melihat banyak dari mereka yang diparkir di satu tempat," kata Dennis.

"Ketika kami mengantre, itu tampak seperti ilusi optik. Itu terus berjalan dan berjalan," tambahnya. "Saya tidak tahu bagaimana menggambarkannya -- itu mengejutkan."

Saat itu Dennis mengira pesawat hanya akan disimpan di sana selama 14 hari. Namun, bahkan untuk jangka waktu itu, dampak pada industri penerbangan begitu parah diterjang pandemi, pesawat dikandangkan dalam waktu yang cukup lama sehingga membuat keuangan berbagai maskapai di dunia tertekan.

"Saya memikirkan berapa banyak pekerjaan orang yang bergantung hanya pada salah satu pesawat itu. Dari agen Reservasi, ke agen tiket, ke pilot, pramugari, mekanik, kru jalan. Kemudian Anda melangkah lebih dalam: agen penyewaan mobil, hotel, biro pariwisata," ujarnya.

Pada hari yang sama dia menulis catatan, pilot Dennis juga memposting di Facebook tentang momen dia meninggalkan pesawat. Dia mengatakan itu adalah hari yang mengerikan.

Selanjutnya
Halaman
1 2
BERITA TERKAIT
BACA JUGA