Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 17 Jun 2021 18:43 WIB

TRAVEL NEWS

Tekan COVID-19, Parangtritis dan Wisata Bantul Lainnya Tutup Pas Weekend

Pantai Parangtritis
Pantai Parangtritis tutup akhir pekan. (Pradito Rida Pertana/detikcom)
Bantul -

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bantul menutup tempat-tempat wisata yang dikelola oleh Pemkab saat akhir pekan, khususnya pekan ini dan pekan depan. Semua itu untuk mengurangi penyebaran COVID-19 yang kian masif di bumi Projotamansari.

"Oleh karena itu, kebijakan Pemkab Bantul yang pertama akan menutup objek-objek wisata Bantul yang dikelola oleh kabupaten pada hari Sabtu dan Minggu," kata Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bantul Helmi Jamharis saat ditemui di Kompleks Parasamya Bantul, Kamis (17/6/2021).

Keputusan tersebut mengacu Instruksi Bupati (Inbup) Nomor 15/instr/2021 tentang perpanjangan kesembilan pemberlakuan PPKM Mikro di Bantul yang diteken Bupati Bantul Abdul Halim Muslih pada tanggal 15 Juni. Inbup itu berlaku 2 pekan, sehingga nantinya pada tanggal 19-20 Juni dan tanggal 26-27 Juni tempat wisata tersebut tutup sementara.

"Kedua, untuk kegiatan hajatan itu tidak diperkenankan model jamuan prasmanan. Kemudian kegiatan seni budaya, pentas ditiadakan," kata dia.

"Lalu untuk layanan perkantoran 75%, itu beberapa hal yang mendasar, dan untuk peribadatan di zona merah mohon dilaksanakan di rumah. Terus untuk sekolah tatap muka juga belum diperbolehkan," Helmi menambahkan.

Menyoal pengawasan selama pemberlakuan Inbup tersebut, Helmi telah berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait. Mengingat banyak sektor yang perlu pengawasan selama bergulirnya Inbup baru ini.

"Forkompinda sudah berkomitmen menjaga kabupaten Bantul agar tidak ada lonjakan sehingga kemarin pak Kapolres (Bantul) lewat Wakapolres sudah siap back up Instruksi Bupati yang dikeluarkan," ujarnya.

Merujuk data dari Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Bantul, objek wisata yang pengelolaannya di bawah Pemkab adalah kawasan Pantai Parangtritis, Pantai Samas, Pantai Goa Cemara, Pantai Pandansimo, Pantai Kwaru, Goa Selarong, dan Goa Cerme.



Simak Video "Celebrity on Vacation: Main ke Rumah Hobbit di Yogyakarta"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA