Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 19 Jun 2021 15:37 WIB

TRAVEL NEWS

Kebaikan Pelaku Kawin Kontrak di Cipanas, Bagi-bagi Kambing Saat Idul Adha

Kawasan puncak menjadi tujuan favorit turis dari timur tengah terutama dari Arab Saudi.
Ilustrasi turis arab (Foto: Dikhy Sasra/detikcom)
Cianjur -

Turis Arab pelaku kawin kontrak di Cipanas, Cianjur tak hanya merogoh kantong untuk uang mahar dan talak. Mereka juga sering memberi kambing bagi masjid kampung di sana saat momen lebaran haji atau Idul Adha.

Pemberian kambing biasanya saat momen lebaran haji. Jadi, mereka yang membagi-bagikan kambing akan disalurkan ke masjid kampung di mana si sopir pribadi itu tinggal.

"Ada turis Arab yang baik. Mereka sering ngasih kambing satu-satu ke masjid-masjid di kampung," terang Agus, salah satu calo kawin kontrak, kepada tim detikcom beberapa waktu lalu. Driver ini juga menjadi penghubung bagi pelaku calo kawin kontrak dan calon pengantin.

"Kampungnya di mana, ini saya belikan kambing," ujar dia menirukan turis Arab itu.

Kini, kehidupan sopir pelaku kawin kontrak sedang terpuruk. Penghasilan mereka dari turis Arab itu terhenti dan kembali menjadi sopir angkot.

"Di masa Covid-19 balik lagi pada bawa angkot, bawa pikap sayuran. Angkot juga sepi. Nggak ada anak sekolah juga," ujar Agus.

Kebaikan turis Arab yang datang ke Cipanas, Cianjur juga berimbas ke rumah makan hingga saat mereka berlibur. Efek lanjutannya adalah para sopir pasti kebagian uang tip dari rumah makan atau pelaku wisata lainnya.

"Kita biasa dapat dari warung makan atau tukang perahu. Mereka yang dapat bayaran dari Rp 1.000.000 kita dikasih Rp 150.000. Mereka yang ngasih kita amplop," ujar Agus.

"Turis Arab ini biasa berlibur ke Bandung, Cianjur selatan, Pelabuhanratu Sukabumi," dia menambahkan.

Selanjutnya, duka jadi sopir turis Arab pelaku kawin kontrak >>>

Saksikan juga Kawin Kontrak di Kota Santri

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2
BERITA TERKAIT
BACA JUGA