Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 22 Jun 2021 08:12 WIB

TRAVEL NEWS

Dear Pendaki, Bawa Turun Sampah, dong! Tak Ada Petugas Kebersihan di Gunung, Lho

Muhajir Arifin
detikTravel
Sampah di Gunung Arjuna
Foto: Muhajir Arifin/detikcom
Pasuruan -

Petugas Taman Hutan Raya Raden Soerjo mewajibkan pendaki membawa turun sampah masing-masing. Itu tanggung jawab para pendaki.

Pendaki konyol bikin heboh. Itu setelah Petugas Tahura menemukan tumpukan sampah pendaki di Gunung Arjuno di Jawa Timur. Setelah dikumpulkan, sampah plastik itu mencapai 5 kantong besar.

Tahura Raden Soerjo meminta para pendaki lebih bertanggungjawab dan membawa pulang sampah mereka. Sebab, tidak ada petugas kebersihan sampah di gunung.

"Sengaja kami share di media sosial agar semua tahu bahwa membuang sampah di gunung itu tindakan buruk," kata Kepala Tahura Raden Soerjo Ahmad Wahyudi, Selasa (22/6/2021).

Wahyudi mengaku tak bisa mengidentifikasi pendaki yang meninggalkan tumpukan sampah di Kopkopan, Pondokan dan Lembah Kijang. Sebabnya, sejak dibuka kembali sebulan lalu, kuota 300 pendaki per hari selalu penuh.

"Kadangkala, pendaki mengira kalau masuk ke Arjuna bayar retribusi itu sudah termasuk semuanya termasuk sampah. Padahal, retribusi itu kan bukan jasa pungut sampah. Kalau petugas terus mengurusi sampah berarti kami melupakan tugas yang lain. Petugas kami juga terbatas," kata Wahyudi.

Sejumlah foto petugas membersihkan sampah pendaki Gunung Arjuno viral di media sosial. Warganet mengecam pendaki yang meninggalkan sampah di gunung.

[Gambas:Instagram]



Foto-foto itu diunggah akun Instagram resmi Taman Hutan Raya Raden Soerjo selaku pemangku kawasan konservasi Arjuno-Welirang. Akun @upttahuraradensoerjo itu mengunggah 4 foto.

Salah satu foto menampilkan tumpukan sampah plastik kantong kresek, kemasan makanan hingga botol air mineral. Sampah memenuhi tanah berbatu dan semak belukar.

"Pos Kopkopan, jalur Arjuno-Welirang via Tretes, sungguh tersayat hati kami melihat tumpukan sampah pendaki... (beberapa emoji menangis). Speechless, ternyata benar pendaki gunung belum tentu pecinta alam (beberapa emoji marah)," tulis @upttahuraradensoerjo, disimak detikcom, Selasa (22/6/2021).

Foto berikutnya menampilkan petugas membersihkan sampah tersebut, dan dipindah ke kantong. Unggahan itu ditutup dengan flyer bertuliskan: Gunung Bukan Tempat Sampah. Bawa Kembali Sampahmu!

"Bagi kalian yang memiliki hobi mendaki gunung, belajarlah untuk menjadi orang yang bertanggungjawab, mencintai lingkungan dan menghargai hak orang lain untuk mendapatkan air yang tidak tercemar sampah yang kalian buang sembarangan. Bawa kembali sampahmu pulang, jangan tinggalkan sampah di gunung!" tulis akun itu.



Simak Video "Hilang Misterius di Gunung Abbo, Wanita Pendaki Ditemukan Selamat!"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA