Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 23 Jun 2021 10:31 WIB

TRAVEL NEWS

Situ Lengkong Panjalu Ciamis Ditutup Sementara

Air Zam-zam dari Situ Lengkong Panjalu, Ciamis
Situ Lengkong Panjalu, Ciamis (Foto: Dadang Hermansyah/detikTravel)
Ciamis -

Penyebaran infeksi Covid-19 terus mengalami peningkatan dan ada pula varian baru. Untuk mengantisipasinya, Pemerintah Kabupaten Ciamis melalui dinas pariwisata menutup sementara obyek wisata alam Situ Lengkong.

Situ Lengkong berada di Kecamatan Panjalu, Ciamis, Jawa Barat. Penutupan terhitung tanggal 22 Juni 2021 sampai batas waktu yang belum ditentukan.

Sekretaris Dinas Pariwisata Ciamis, Budi Kurnia, membenarkan hal tersebut. Pemkab Ciamis telah melakukan rapat bersama pemerintah desa, kecamatan, dan tokoh masyarakat.

Seluruh pihak sepakat untuk menutup obyek wisata Situ Lengkong Panjalu. Keputusan ini juga berdasarkan instruksi Mendagri nomor 13 tahun 2021 tentang PPKM Mikro, di mana wilayah Panjalu kini mengalami peningkatan kasus Covid-19.

"Situ Lengkong Panjalu ditutup sementara sampai dengan pemberitahuan lebih lanjut. Ini juga berdasarkan instruksi Bupati Ciamis Nomor 441/12-Huk/2021 tentang PPKM Mikro Guna Pengendalian penyebaran Covid-19 Ciamis," ujar Budi Kurnia, Rabu (23/6/2021).

Situ Lengkong Panjalu CiamisSitu Lengkong Panjalu Ciamis ditutup (Foto: Dadang Hermansyah/detikcom)

Wisata alam Situ Lengkong Panjalu ini merupakan salah satu tempat tujuan wisata ziarah. Bahkan tempat ini banyak dikunjungi wisatawan dari luar daerah terutama dari Bandung hingga luar Jabar yakni dari Jawa Timur.

Pemkab Ciamis pun akan memantau obyek wisata yang ada di kecamatan lainnya. Ketika kasus Covid-19 di kecamatan tersebut tinggi dan masuk zona merah tidak menutup kemungkinan juga akan ditutup.

Budi pun mengimbau kepada pengelola wisata untuk ketat menerapkan protokol kesehatan 5M. Tujuannya untuk mencegah penyebaran COVID-19 di klaster destinasi wisata.

"Jadi kita pantau, ketika zona merah tentu akan kita pertimbangkan buka atau tutup. Tapi yang paling penting destinasi di Ciamis ini sudah menerapkan protokol kesehatan secara ketat," tegasnya.



Simak Video "PPKM Darurat di Ciamis, Akses ke Pusat Kota Alun-alun Ditutup"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/msl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA