Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 28 Jun 2021 12:19 WIB

TRAVEL NEWS

Bikin Iri, 10 Negara yang Sudah Tidak Pakai Masker

Tim detikcom
detikTravel
BUDAPEST, HUNGARY - JUNE 19: Fans of Hungary celebrate their first goal during the UEFA Euro 2020 Championship Group F match between Hungary and France at Puskas Arena on June 19, 2021 in Budapest, Hungary. (Photo by Alex Pantling/Getty Images)
Foto: Getty Images/Alex Pantling
Jakarta -

Beda di Indonesia, beda di luar negeri. Setidaknya ada 10 negara yang sudah tidak pakai masker. Bikin iri!

COVID-19 di Indonesia masih tidak baik-baik saja, kasusnya melonjak di berbagai wilayah. Jumlah kasus harian mencatatkan rekor tertinggi, sementara jumlah total kasus sudah menyentuh angka 2 juta.

Sementara COVID-19 masih mengamuk di Indonesia, ternyata ada beberapa negara yang justru sudah bebas masker. Contohnya seperti sejumlah negara Eropa, dimana mayoritas suporter negara pendukung Euro 2020/2021 sudah tak memakai masker.

Dihimpun detikTravel, Senin (28/6/2021), setidaknya ada 10 negara yang sudah tidak pakai masker:

1. Israel


Israel berhasil mengendalikan COVID-19 sehingga transmisi penularannya tak lagi tinggi. Warga Israel sudah bisa bebas beraktivitas tanpa masker sejak April lalu.

Untuk mencapai kondisi ini, Israel telah melakukan vaksinasi pada 50 persen warganya. Kendati demikian, Israel masih membatasi warga asing masuk ke negaranya demi menghindari penyebaran COVID-19 varian baru.

2. Amerika Serikat
Amerika Serikat mengizinkan warganya untuk melepas masker setelah vaksinasi COVID-19.

Selain vaksinasi, warga Amerika Serikat juga diberi syarat oleh Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) sebelum beraktivitas tanpa masker. Di antaranya, sudah mendapat dua dosis vaksin Corona, berkumpul dengan teman yang sudah divaksin, dan menghindari kerumunan.

3. Italia
Per tanggal 28 Juni, Italia sudah membolehkan warganya beraktivitas tanpa masker. Menteri Kesehatan Roberto Speranza dalam cuitannya di Twitter menyebut wilayah yang bisa menerapkan aturan bebas masker harus sudah berada di white zone COVID-19.

White zone Corona di Italia menandakan kasus infeksi COVID-19 amat rendah dan jumlah pasien ICU harian rumah sakit tercatat di bawah ambang batas berisiko.

Puskas Arena dipenuhi penonton kala pertandingan Hungaria melawan Prancis di Euro 2020. Sorak sorai penonton mewarnai pertandingan matchday kedua Grup F itu.Puskas Arena dipenuhi penonton kala pertandingan Hungaria melawan Prancis di Euro 2020. Sorak sorai penonton mewarnai pertandingan matchday kedua Grup F itu. Foto: Getty Images

4. Hungaria
Perdana Menteri (PM) Hungaria Viktor Orban mengklaim pemerintahannya telah berhasil mengendalikan pandemi COVID-19. Dalam sebuah jumpa pers pada Jumat (21/5), Orban menyebut Hungaria telah memvaksinasi hampir 5 juta warga.

Ia menambahkan bahwa saat ini adalah saat yang tepat untuk berpisah dengan penggunaan masker di tempat umum.

"Selamat tinggal, masker. Ini berarti kita telah berhasil mengalahkan pandemi gelombang ketiga," ujarnya.

Pemimpin sayap kanan itu juga menyebut akan mencabut sebagian besar pembatasan COVID-19, termasuk jam malam. Orban mengatakan, publik dapat mengadakan pertemuan hingga 500 orang.

Selanjutnya: Negara Eropa lainnya

Selanjutnya
Halaman
1 2 3
BERITA TERKAIT
BACA JUGA