Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 30 Jun 2021 21:42 WIB

TRAVEL NEWS

Muncul PPKM Darurat, Wisata Pantai Bantul Bisa Tutup Lagi

Penutupan objek wisata di Bantul mendapatkan respon berbeda dari para pelaku wisata. Berharap akhir pekan dapat mengais rejeki kini hanya bisa gigit jari.
Pantai Parangtritis (Agus Septiawan)
Bantul -

Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Bantul menyebut adanya kemungkinan menutup wisata pantai karena kebijakan PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) darurat.

Kepala Dispar Bantul Kwintarto Heru Prabowo mengatakan, bahwa untuk perkembangan terakhir Gubernur DI Yogyakarta sedang membahas atau merumuskan terkait munculnya kebijakan PPKM darurat yang dimulai tanggal 3 Juli. Jika aturan dalam PPKM tersebut mewajibkan tempat wisata tutup maka pihaknya akan melaksanakannya.

"Bisa jadi walaupun di Inbup (No.16/instr/2021) kami membolehkan 25 persen (kapasitas pengunjung di tempat wisata) tapi nanti kalau di PPKM darurat melarang ya kita harus mematuhi itu," ucapnya saat ditemui wartawan di Kabupaten Bantul, Rabu (30/6/2021).

Untuk itu, dia meminta kepada pelaku wisata khususnya penjaja kuliner agar tidak terlalu banyak mempersiapkan barang dagangannya. Semua itu untuk mengantisipasi jika nantinya muncul kebijakan baru dari pemerintah pusat yang harus dijalankan pemerintah daerah, dalam hal ini Pemkab Bantul.

"Dan perlu disampaikan, sekalipun nanti tidak ada PPKM darurat, kami juga hari ini perlu menyampaikan dengan tegas kepada seluruh pelaku wisata. Jadi yang pertama sekalipun ada harapan untuk Sabtu-Minggu besok (pekan ini) bisa operasional tapi jangan kulakan dagangan banyak-banyak," katanya.

"Karena sangat mungkin 1-2 hari ini ada kebijakan yang menyebabkan besok tidak jadi operasional. Apalagi kemarin Bantul pecah rekor lagi untuk kasus harian COVID-19," lanjut Kwintarto.

Oleh karenanya, Kwintarto meminta pelaku wisata dan wisatawan mengasumsikan pekan ini tempat wisata di Bantul yang tutup saat akhir pekan masih belum beroperasi. Pasalnya situasi saat ini sangat memprihatinkan, bahkan jika vaksinasi COVID-19 terhadap pelaku wisata pantai selatan hari ini dan besok Kamis (1/7/2021) berjalan lancar belum bisa menjamin tempat wisata di Bantul buka lagi.

"Memang kalau vaksinasi ini sukses besok Sabtu akan dibuka. Tapi kalau kondisinya tidak membaik ya segala sesuatunya harus dipertimbangkan untuk lebih menjaga kesehatan dan keselamatan masyarakat, semua ini demi kemaslahatan yang lebih baik," ujarnya.

"Sehingga kami mohon teman-teman wisatawan untuk bisa bersabar dan berhati-hati. Kalau boleh sementara asumsinya besok belum buka, sehingga kalau andai kata belum buka tidak kaget," imbuh Kwintarto.

Selanjutnya: Persiapan Bantul Sikapi PPKM Darurat

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Alibi Dampak Pandemi, Dua Bersaudara Nekat Rampas Hp Mahasiswi Yogya"
[Gambas:Video 20detik]
BERITA TERKAIT
BACA JUGA