Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 02 Jul 2021 10:07 WIB

TRAVEL NEWS

Kalau Pariwisata Mau Dibuka, Indonesia Harus Tiru Selandia Baru

Ditengah lonjakan kasus COVID-19 di Indonesia, 10 negara ini justru tengah berhasil keluar dari pandemi dan memperbolehkan masyarakatnya lepas masker. Indonesia kapan?
Foto: Warga Selandia Baru asyik nonton konser (Getty Images/Mark Tantrum)
Jakarta -

Kalau pariwisata Indonesia mau dibuka lagi, Indonesia harus meniru Selandia Baru. Ada 4 level peringatan yang bisa ditiru.

Menurut Pengamat pariwisata, Taufan Rahmadi, Selandia Baru termasuk negara yang cukup berhasil dalam menghadapi COVID-19. Kebijakan yang ditetapkan oleh Selandia Baru bisa ditiru Indonesia bila sektor pariwisata ingin dibuka kembali.

"Ambil contohnya New Zealand, negara yang bertetangga dengan Australia ini telah melakukan tahapan - tahapan kebijakan yang dinilai berhasil dalam penanganan COVID-19. Salah satu kebijakan yang populer dari negeri ini adalah menerapkan 4 level system peringatan bagi warganya untuk mencegah lonjakan angka COVID-19," kata Taufan lewat pesan singkat kepada detikTravel.

4 Level peringatan tersebut antara lain:

1. Level 1: Menutup akses masuknya WNA ke negaranya.
2. Level 2: Penerapan kebijakan menjaga jarak dan membatasi perjalanan dalam negeri
3. Level 3: Mempersiapkan isolasi mandiri dan bekerja secara jarak jauh
4. Level 4: Shutdown, menutup sekolah dan tempat-tempat publik

Selain penerapan 4 level peringatan tersebut, pemerintah juga harus melakukan test COVID-19 bagi semua warga negaranya.

"Setelah secara konsisten menerapkan 4 level system peringatan di atas, dilanjutkan dengan isolasi mandiri di tempat-tempat yang telah disetujui dan melakukan test COVID-19 bagi semua warga negaranya," imbuh Taufan.

Kebijakan-kebijakan tersebut bisa terwujud dengan satu syarat, yaitu ketegasan dan komitmen pemimpin negara seperti contohnya PM Jacinda Ardern, serta harus didukung juga dengan kesadaran dari rakyat itu sendiri.

"Dengan didukung ketegasan dari pemimpinnya Perdana Menteri Jacinda Ardern dan kesadaran dari warga negaranya, saat ini New Zealand sudah berada di Zona Hijau dengan tidak ada penambahan kasus lagi," tutup Taufan.

Pemerintah Indonesia sendiri akan memberlakukan kebijakan PPKM Darurat dari tanggal 3-20 Juli 2021. Pemerintah juga memutuskan untuk membatalkan rencana pembukaan pariwisata Bali pada bulan Juli 2021. Kebijakan lain seperti Work From Bali, wisata vaksin juga ditunda.



Simak Video "Bali Dihantam Pandemi Corona, Lalu-lalang Wisatawan Sepi"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA