Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 04 Jul 2021 12:40 WIB

TRAVEL NEWS

Jangan Salah, Ini New York Tapi di Ukraina

bonauli
detikTravel
Donetsk di Ukraina
Donetsk di Ukraina (Getty Images/iStockphoto/sololos)
New York -

New York kini bukan cuma ada di Amerika Serikat. Karena Ukraina juga punya nama kota yang sama. Kok bisa sih?

Kota ini dulunya bernama Novgorodske. Terletak di timur Ukraina, wilayah Donetsk, Novgorodske dulunya memang bernama New York (baca: Niu York-red).

Dilansir dari AFP, Parlemen Ukraina akhirnya memutuskan untuk mengembalikan nama lama Novgorodske setelah kampanye bertahun-tahun. Upaya ini sungguh membanggakan bagi warga kota.

Lebih dari 300 anggota parlemen Ukraina mendukung keputusan ini pada Kamis (1/7) lalu. Kota ini memiliki populasi sekitar 12 ribu orang.

Menurut catatan sejarah, kota ini didirikan oleh anggota Gereja Mennonite bersama pemukiman Jerman yag datang ke Rusia di bawah kepemimpinan Catherine the Grear tahun 1892.

Nama Novgorodske diberikan oleh Soviet pada tahun 1951. Alasannya sederhana, hanya karena ideologis saja. Sampai akhirnya, Novgorodske menjadi kota di garis terdepan perang antara Ukraina dengan separatis yang didukung Rusia pada 2014.

Amerika Serikat ikut ambil bagian dalam mendukung Ukraina. Upaya ini dilakukan untuk menjalin hubungan yang lebih dekat dengan Barat dan memasok senjata ke Ukraiana.

Pada tahun 2015, Ukraian memberlakukan Undang-Undang yang melarang simbol Soviet dan propaganda era komunis untuk memutus hubungannya dengan Soviet di masa lalu.

Untuk itu, nama kota ini kembali diubah menjadi New York. Pengembalian nama kota juga diharapkan bisa mendatangkan keberhasilan ekonomi dan mengembangkan kawasan.

"Kami berharap bisa menjalin kontak dengan Jork di Jerman dan New York di AS," kata Kepala Dewan Lokal Mykola Lenko.

Mendengar perubahan nama kota ini, Amerika Serikat tak diam saja. Lewat akun Twitternya, kedutaan AS menyambut baik dan mengucapkan selamat.

"Selamat kepada orang-orang New York, Oblast Donetsk, atas kembalinya nama bersejarah kota mereka melalui konsensus lintas faksi di @ua_parliament," cuit kedutaan AS di Twitter.

"Itu menjadi alasan baru untuk merayakan hubungan dekat kita. Kami adalah penggemar berat nama baru atau nama lama kalian."



Simak Video "Miliarder New York Terbukti Bersalah Bunuh Teman Sendiri 20 Tahun Lalu"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/bnl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA