Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 14 Jul 2021 14:14 WIB

TRAVEL NEWS

Edan! Juni 2021 Jadi Juni Terpanas di AS Dalam 127 Tahun

elk
detikTravel
Juni 2021 Jadi Juni Terpanas AS
Termometer di Pusat Pengunjung Furnace Creek di Taman Nasional Death Valley pada 17 Juni 2021 (Patrick T. Fallon/AFP via Getty)
Washington -

Tak hanya kasus Corona yang menerpa AS, namun suhu panas melanda bulan Juni 2021. Ini jadi Juni terpanas bagi AS.

Dikutip dari Travel+Leisure suhu rata-rata di Amerika Serikat di bulan Juni adalah 72,6 derajat fahrenheit, 4 derajat penuh di atas rata-rata. Suhu tinggi tersebut sebagian didorong oleh gelombang panas ekstrem yang melanda Pasific Northwest. Sehingga Juni 2021 jadi Juni terpanas dalam 127 tahun berdasarkan catatan yang tersimpan.

"Gelombang panas yang luar biasa dari pantai ke pantai membantu mendorong Juni 2021 ke urutan pertama dalam daftar Juni terpanas yang tercatat di AS," tulis Administrasi Kelautan dan Atmosfer Nasional.

Bukan hanya satu wilayah negara yang menghadapi suhu panas. Menurut NOAA, delapan negara bagian AS yaitu Arizona, California, Idaho, Massachusetts, Nevada, New Hampshire, Rhode Island dan Utah alami rekor bulan Juni terpanas.

Termometer di Pusat Pengunjung Furnace Creek di Taman Nasional Death Valley pada 17 Juni 2021 bahkan menunjukkan suhu 130 derajat Fahrenheit atau 54 derajat Celcius!

Rekor panas terjadi setelah The Weather Channel memperkirakan, musim panas 2021 akan lebih panas dari rata-rata, terutama di bagian barat dan tengah AS. Sementara itu, saat suhu naik, curah hujan rata-rata di bulan Juni setara dengan tahun-tahun sebelumnya, yaitu di 2,93 inci.

Selain tak nyaman, NOAA mengatakan, cuaca ekstrem bisa merugikan. Amerika Serikat mengalami delapan bencana cuaca dan iklim dalam enam bulan pertama di tahun 2021. Masing-masing menyebabkan kerugian melebihi USD 1 Miliar. Di antara bencana tersebut ialah banjir hingga kekeringan yang dipengaruhi gelombang panas.

Pada Minggu (11/7) Amerika Serikat bagian barat dilanda suhu panas, beberapa jalan ditutup, lalu lintas kereta api dibatasi serta evakuasi diberlakukan di beberapa kota. Kondisi terik melanda sebagian besar pesisir Pasifik dan pedalaman seperti tepi barat Pegunungan Rocky selama akhir pekan.



Simak Video "2020 Tahun Terpanas, Suhu Global Naik 1,7 Derajat Celcius"
[Gambas:Video 20detik]
(elk/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA