Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 16 Jul 2021 21:05 WIB

TRAVEL NEWS

4 Perbedaan Hotel Syariah dan Konvensional

Terletak di pinggiran Kota Solo, hanya serkitar 5-10 menit perjalanan dari Bandara Internasional Adi Soemarmo, Syariah Hotel Solo (SHS) layak untuk dijadikan lokasi menginap selama berlibur atau melakukan perjalanan bisnis ke Solo. Letaknya persis di sebelah barat Lorin Hotel dan Resort Solo, saudara tuanya. Tepatnya di Jalan Adi Sucipto No 47, Solo. Lokasinya asri, kanan dan kirinya masih alami dengan hamparan sawah menghijau. Perlengkapan Sholat.
Ilustrasi hotel syariah, Syariah Hotel Solo (Foto: Muchus Budi Rahayu/detikcom)
Jakarta -

Akomodasi adalah hal terpenting untuk dipertimbangkan saat merencanakan liburan. Termasuk di dalamnya apakah Anda akan memilih tinggal di hotel syariah atau konvensional.

Di beberapa negara dengan mayoritas penduduk muslim seperti Indonesia, selain hotel konvensional yang biasa kita temukan, terdapat juga hotel syariah. Hotel jenis ini mendukung konsep wisata halal yang dipakai Indonesia.

Hotel syariah sendiri merupakan hotel yang menerapkan prinsip ajaran agama Islam. Meski demikian, hotel syariah dan konvensional sama-sama menyediakan layanan standar untuk kenyamanan para traveler.

Lalu, apa perbedaannya? Berikut beberapa perbedaan hotel syariah dan konvensional di Indonesia:

1. Aturan tentang penginap yang sedikit lebih ketat pada hotel syariah

Pada hotel syariah terdapat aturan yang tidak memperbolehkan pelanggan yang merupakan pasangan belum menikah menginap di satu kamar yang sama. Biasanya pelanggan harus menunjukkan surat nikah atau setidaknya KTP dengan alamat yang sama untuk membuktikan status kamu dan pasangan.

Namun, umumnya, pegawai hotel syariah tahu lho apakah kamu pasangan sudah menikah atau belum.

2. Makanan dan minuman halal di hotel syariah

Wajib hukumnya untuk hotel syariah hanya menyediakan makanan dan minuman halal. Makanan ini memiliki sertifikat halal dari MUI dikarenakan sejalan dengan prinsip yang dianut.

Meskipun pada hotel konvensional juga biasanya menyediakan makanan halal, tetapi terkadang belum tentu semuanya telah tersertifikasi oleh badan MUI.

3. Aturan hotel konvensional lebih longgar daripada hotel syariah

Pada hotel syariah, kamu hanya boleh bertemu dengan teman lawan jenis kamu di lobi saja. Kamu juga tidak akan menemukan fasilitas tertentu di hotel syariah, seperti karaoke, club, dan bar.

Saat menginap, hotel syariah tidak mengizinkan kamu membawa minuman beralkohol. Sedangkan umumnya, kamu bisa menemukan fasilitas tersebut di hotel konvensional.

Perbedaan Hotel Syariah dan Konvensional Selanjutnya

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "PPKM Bikin Okupansi Hotel di Kawasan Puncak Lesu"
[Gambas:Video 20detik]
BERITA TERKAIT
BACA JUGA