Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 18 Jul 2021 11:15 WIB

TRAVEL NEWS

Yuk Jelajahi Objek Wisata Agrobisnis & Religi di Bantul Selepas PPKM

pemkab bantul
Foto: pemkab bantul
Jakarta -

Kabupaten Bantul memiliki aneka ragam objek wisata yang bisa dikunjungi, mulai dari wisata alam, kerajinan, juga wisata kuliner. Tak hanya itu, Bantul juga memiliki alternatif wisata yang menawarkan suasana alam pedesaan sekaligus ilmu tentang agrobisnis.

Salah satu destinasi wisata agrobisnis di Bantul yang bisa kamu jelajahi adalah Kampung Anggur di Dusun Plumbungan, Desa Sumbermulyo Bambanglipuro. Sesuai namanya, kebun anggur menjadi daya tarik yang ditawarkan kampung wisata ini.

Kamu dapat langsung melihat rumah warga yang dipenuhi beragam varietas tanaman anggur saat memasuki kampung ini. Untaian anggur ranum yang menggantung di sela-sela dedaunan pun begitu mudah ditemui.

Saat menjelajahi Kampung Anggur, wisatawan bisa memilih dua cara untuk berkeliling yakni dengan berjalan kaki atau menyewa sepeda ontel yang disediakan warga setempat. Tak hanya berkeliling, wisatawan juga bisa langsung membeli dan mencicipi buah yang sudah matang di kebun anggur milik warga. Biasanya, warga akan menunjukkan buah anggur yang siap untuk dimakan.

Tak hanya buahnya, wisatawan juga bisa mencicipi beragam olahan berbahan dasar buah dan daun anggur di kampung wisata ini. Ada minuman dawet berbahan dasar daun anggur, keripik daun anggur, hingga buntil yang juga memanfaatkan daun anggur.

Wisatawan yang yang berminat pun bisa melihat langsung proses pembuatan kuliner khas ini di rumah-rumah warga.

"Tak hanya menggantungkan produksi buah, warga dusun Plumbungan juga mengembangkan usaha pembibitan. Beragam jenis tanaman anggur tersedia, tidak saja untuk dibudidayakan, tapi juga dijual kepada wisatawan," kata Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul, Kwintarto Heru Prabowo dalam keterangan tertulis, Minggu (18/7/2021).

Kwintarto menjelaskan sebagai objek wisata berbasis agrobisnis, wisatawan bisa belajar tentang seluk beluk pertanian buah anggur di Kampung Anggur mulai dari proses pemilihan bibit, pemupukan, perawatan, hingga cara melakukan panen. Wisatawan juga bisa membeli bibit anggur yang sudah disemai oleh warga di sini.

Tak ketinggalan, wisatawan juga bisa ber-selfie ria di area kebun. Sebab, untaian buah anggur di Kampung Anggur seringkali dijadikan background foto yang ciamik bagi wisatawan.

pemkab bantulpemkab bantul Foto: pemkab bantul

Wisata Religi Gereja Candi Ganjuran

Puas berkeliling di Kampung Anggur, kamu bisa melanjutkan perjalanan ke objek wisata religi di Bantul yakni Gereja Hati Kudus Tuhan Yesus (HKTY) atau biasa disebut Gereja Candi Ganjuran.

Gereja yang juga berlokasi di Kelurahan Sumbermulyo ini hanya berjarak tak lebih dari 300 meter di sisi barat Kampung Anggur. Gereja HKTY dikenal sebagai destinasi wisata religi yang unik sebab arsitekturnya mengadopsi ciri khas Hindu.

Di objek wisata ini, kamu bisa menemukan sebuah candi berupa batu berwarna hitam dengan sosok Yesus berbusana Jawa yang berada di celah candi. Selain itu, ada juga ornamen yang menggambarkan prosesi Jalan Salib dalam balutan Nuansa Jawa di sekitar candi, tepatnya di tembok pagar.

Berdasar literasi yang ada di gereja HKTY, bangunan gereja ini dibangun pada 16 April 1924. Gereja Katolik ini dibangun oleh dua bersaudara pemilik Pabrik Gula Gondanglipuro, Julius dan Joseph Schmutzer, untuk mewadahi ibadah para pekerja dan masyarakat sekitar.

Sebagai bentuk penghargaan pada budaya setempat, Schmutzer bersaudara pun membangun candi di komplek gereja. Selain arsitekturnya yang unik, suasana asri dan sejuk gereja yang sangat terasa ini juga menjadi daya tarik bagi wisatawan. Banyak pepohonan menjulang tinggi di sekitar candi yang bisa ditemukan di objek wisata ini.

Nah, itu dia 2 destinasi wisata yang bisa kamu kunjungi saat pergi ke Bantul. Untuk kamu yang ingin menjelajahi lebih lanjut tentang wisata Bantul setelah berakhirnya PPKM Darurat, kamu dapat mengakses aplikasi JELAJAH BANTUL yang bisa diunduh melalui playstore.

Pastikan juga untuk selalu menjaga protokol kesehatan dengan menjalani 5M. Para calon wisatawan juga bisa meminimalisir kontak dengan menggunakan aplikasi QUAT dalam melakukan pembayaran non tunai.

(adv/adv)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA