Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 18 Jul 2021 19:20 WIB

TRAVEL NEWS

Ikan Mas di Amerika: Dulu Disayang-sayang, Sekarang Dibuang-buang

Ikan mas jadi spesies invasif di Amerika
Foto: Ikan mas di Amerika Serikat (dok. City of Brunsville)
Minnesota -

Ikan Mas di Amerika Serikat pernah jadi primadona. Banyak yang memeliharanya sebagai ikan hias. Tapi sekarang, ikan mas dibuang-buang dan jadi masalah baru.

Roda nasib memang berputar. Ada masanya hewan peliharaan jadi favorit dan banyak dipuja. Namun begitu sudah tidak musim lagi, banyak yang menelantarkannya.

Begitulah kira-kira nasib ikan mas di Amerika Serikat. Di kota Minnesota, ikan mas peliharaan banyak dibuang orang di danau. Bukannya menyelesaikan masalah, ikan mas yang dibuang di danau justru jadi masalah baru.

Dirangkum dari beberapa sumber, Jumat (16/7/2021), ikan mas yang terbuang itu justru bisa tumbuh berkali-kali lipat dari sebelumnya. Beberapa pemancing dilaporkan berhasil menangkap ikan mas yang ukurannya sepanjang tangan pria dewasa.

Tentu saja hal itu jadi masalah tersendiri. Pertumbuhan massif ikan mas justru mengancam keberadaan ikan-ikan lokal yang biasa hidup di danau tersebut.

Ikan mas jadi spesies invasif di AmerikaIkan mas jadi spesies invasif di Amerika Foto: (dok. City of Brunsville)

Pemerintah kota Brunsville sampai memohon kepada warganya supaya tidak membuang ikan mas peliharaan ke danau setempat.

"Tolong, jangan lepaskan ikan mas peliharaanmu ke kolam dan danau. Mereka bisa tumbuh lebih besar daripada yang kamu pikirkan. Mereka juga berkontribusi menurunkan kualitas air dengan memperkeruh sedimen," ungkap akun resmi kota Brunsville, seperti dikutip dari The Washington Post.

Penduduk Brunsville pun melayangkan protes resmi ke pemerintah setempat. Salah satu warga bernama Caleb Ashling takut dengan fakta bahwa ikan tersebut bisa tumbuh berkali-kali lipat dari ukuran sebelumnya.

"Kamu melihat ikan mas di toko dan mereka terlihat mungil. Tapi ketika kamu menarik ikan mas seukuran bola sepak dari danau, itu membuatmu berpikir, apakah ini hewan yang sama?" kata Caleb.

Ikan mas memang bisa jadi spesies invasif. Mereka bisa mengancam keberadaan ikan-ikan lokal jika dengan sengaja dibuang ke perairan yang baru.



Simak Video "Memberi Makan Ikan Mas di Kolam Kampung Sampireun Garut"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA