Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 21 Jul 2021 11:14 WIB

TRAVEL NEWS

Ladies! Berlian Pink Terbesar Dunia Ditemukan di Afrika

bonauli
detikTravel
berlian pink terbesar dunia
Berlian pink Joy (Alex Syz/Lucara Diamond )
Karowe -

Berlian dengan warna merah muda memang langka. Baru-baru ini berlian pink berukuran besar ditemukan di Afrika.

Seperti dilansir dari The National News, Rabu (21/7/2021) berlian pink ini jadi salah satu berlian yang terbesar di dunia. Berlian ini ditemukan oleh Lucara Diamond Corporation di tambang Karowe, Botswana.

Tambang ini telah menghasilkan 17 berlian yang lebih besar dari 100 karat termasuk lima dari yang lebih dari 3.000 karat. Namun untuk berlian pink, ini amat langka.

Berlian ini mengandung 62,7 karat. Julukannya Boitumelu dan memiliki arti "Joy" alias kebahagiaan, karena dianggap paling langka dan berharga di dunia.

Ukurannya hanya 26 mm x 17 mm x 16 mm dengan klasifikasi tipe IIA. Artinya berlian ini paling murni secara kimia dan berkualitas tinggi.

Di periode produksi yang sama, ditemukan pula berlian mewah merah muda lainnya. Ukurannya 22,21 karat.

"Dengan senang hati (kami) mengumumkan berlian bersejarah lainnya yang ditemukan dengan Boitumelo," kata Eira Thomas, Kepala Eksekutif Lucara Diamond Corporation.

Botswana sendiri memang dikenal sebagai gudangnya berlian. Sebelumnya batu berlian ketiga terbesar dunia juga ditemukan di sana. Batu berlian tersebut memiliki nilai 1.174 karat.

Berlian terbesar yang pernah ditemukan di dunia adalah Cullinan 3.106 karat, ditemukan di Afrika Selatan pada tahun 1905. Bagian dari berlian itu menghiasi permata mahkota Inggris.

Botswana, produsen berlian terkemuka di Afrika memiliki banyak pembeli berlian dari segala penjuru dunia, seperti Mumbai dan Antwerpen juga pedagang dari China.



Simak Video "WHO Minta Negara Kaya Membagikan Vaksinnya untuk Afrika"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA