Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 23 Jul 2021 22:24 WIB

TRAVEL NEWS

Vaksinasi Pelaku Parekraf Sudah 5%, Tempat Wisata Jadi Sentra Vaksin

Putu Intan
detikTravel
Kemenparekraf Vaksin 4 Ribu Pelaku Ekonomi Kreatif
Vaksinasi oleh Kemenparekraf. Foto: (Bonauli/detikcom)
Jakarta -

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) terus mendorong vaksinasi untuk pelaku parekraf. Salah satu caranya dengan menjadikan destinasi wisata sebagai sentra vaksin.

Kemenparekraf melalui program Serbuan Vaksin di Lembang, Bandung Barat melakukan vaksinasi pada 10.000 pelaku parekraf di kawasan Bandung Raya. Program ini sengaja dilakukan di Lembang yang merupakan destinasi wisata favorit wisatawan.

Menparekraf Sandiaga Uno mendukung program tersebut yang dapat terselenggara berkat bantuan TNI Angkatan Udara bersama sejumlah stakeholder. Dengan program seperti ini, ia optimis target vaksinasi dapat tercapai.

"Ada kemajuan selama sebulan terakhir kita menggenjot vaksinasi di para pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif, kita melihat ada peningkatan dan datanya sedang kami kumpulkan, sekarang sudah melewati 5%," kata Sandiaga.

"Kita ingin dari total 50 juta lebih masyarakat Indonesia yang sudah mengikuti program vaksinasi, paling tidak sepertiganya dari pelaku parekraf," ujarnya.

Hal ini terkait jumlah pelaku parekraf yakni 34 juta orang yang saat ini terdampak pandemi COVID-19. Sandiaga juga berharap bahwa destinasi-destinasi wisata unggulan di Indonesia dapat menjadi sentra vaksin untuk membantu para pelaku parekraf cepat bangkit.

"Dengan konsep Serbuan Vaksin ini, kita semua menginginkan sentra ekonomi kreatif dan destinasi wisata mengkonversikan dirinya menjadi sentra vaksinasi," katanya.

"Vaksin jumlahnya sudah mencukupi dan makin rutin pasokannya, kita tingkatkan jumlah kolaborasinya dengan hari ini kita berkolaborasi dengan Danone, HomeCare, Dinkes Kabupaten Bandung Barat dan Provinsi Jabar, dengan meningkatnya jumlah vaksinator, meningkatnya jumlah sentra vaksinasi, dengan pola-pola yang bervariasi. Mudah-mudahan kita bisa mencapai target beberapa destinasi wisata," ia melanjutkan.

Selain Bandung Barat, Sandiaga menargetkan sentra vaksin juga ada di Bali dan 5 destinasi superprioritas, yakni Danau Toba, Likupang, Borobudur, Mandalika, dan Labuan Bajo.



Simak Video "Sandiaga Uno Bakal Percepat dan Perluas Sasaran Dana Hibah Pariwisata"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA