Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 23 Jul 2021 13:41 WIB

TRAVEL NEWS

Fenomena Burung-burung Kakatua Pintar di Australia

Burung kakatua di Australia
Burung kakatua pintar di Australia (Foto: CNN)
Sydney -

Ada fenomena yang unik di Australia, yakni burung-burung kakatua yang semakin pintar. Satu per satu kawanan burung ini mampu membuka tutup tempat sampah.

Beberapa tahun yang lalu, ilmuwan Australia, Richard Major, mengambil video seekor burung kakatua di Sydney yang membuka tutup tempat sampah tertutup dengan paruh dan kakinya. Ia ingin mencari makan di dalamnya.

Diberitakan CNN, ia membagikannya dengan Barbara Klump dan Lucy Aplin. Keduanya merupakan peneliti di Institut Perilaku Hewan Max Planck di Jerman dan mereka langsung terpesona.

Kejadian itu adalah proses lima tahap bagi burung untuk membuka tutup tempat sampah, menurut penelitian tersebut. Burung kakatua itu harus membuka tutupnya dengan paruhnya, memutar lehernya ke samping, lalu melompat ke tepi tempat sampah, menahannya agar terbuka dengan paruh atau kakinya, berjalan di sepanjang tepinya, dan akhirnya membuka tutupnya.

Pada hari Kamis, para ilmuwan menerbitkan temuan mereka di jurnal Science. Ada temuan bahwa para kakatua itu mempelajari keterampilan mencari makan ini dari satu sama lain dan menunjukkan inovasi dengan mengembangkan cara yang berbeda untuk membuka tempat sampah.

Sulit untuk menunjukkan evolusi perilaku baru pada hewan karena dua alasan. Pertama, sulit untuk mendeteksi perilaku mereka ketika pertama kali muncul karena hal itu dinilai sebagai kejadian langka.

Burung kakatua di AustraliaBurung kakatua pintar di Australia (Foto: CNN)

Kedua, jika populasi di dua lokasi berbeda melakukan perilaku yang berbeda, sulit untuk mengatakan apakah itu karena perbedaan pada burung kakatua itu sendiri atau lingkungan.

Itulah mengapa kakatua jambul kuning di Sydney, burung beo yang sangat umum di kota-kota Pantai Timur, memberi penampakan langka.

Diketahui bahwa seluruh negara bagian menggunakan tempat sampah umum standar yang sama. Dan, kakatua tinggal di salah satu kota terbesar di Australia, yang berarti ada jutaan penduduk yang dapat membantu mengamati perilaku mereka.

Tim peneliti kemudian meluncurkan survei online yang menanyakan penduduk Sydney apakah mereka pernah melihat burung kakatua mengangkat tutup tempat sampah untuk mencari makanan.

Sebelum 2018, perilaku ini hanya dilaporkan di tiga tempat di pinggiran kota. Tapi pada akhir 2019, jumlah itu melonjak hingga ditemukan di 44 tempat di pinggiran kota, menurut penelitian tersebut.

Perilaku membuka tempat sampah oleh kaktua untuk mencari makanan menyebar lebih cepat dalam ruang lingku yang sempit. Ini menunjukkan bahwa perilaku baru tidak muncul secara acak.

"Hasil ini menunjukkan para kakatua benar-benar mempelajari perilaku dari burung kakatua lain di sekitarnya," kata Klump dalam rilisnya.

Selanjutnya, temuan lain terhadap kakatua pintar >>>

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Penemuan Balita yang Tersesat di Hutan Australia Selama 3 Hari"
[Gambas:Video 20detik]
BERITA TERKAIT
BACA JUGA