Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 26 Jul 2021 08:43 WIB

TRAVEL NEWS

Setahun Hagia Sophia Jadi Masjid Lagi, Presiden Erdogan Ucap Ini di Sosmed

Femi Diah
detikTravel
A street vendor waits for clients near the iconic Haghia Sophia, in the historic Sultan Ahmed district of Istanbul Tuesday, April 13, 2021. As Muslims around the world began marking Ramadan Tuesday, in mostly-Muslim Turkey, the month of fasting kicked off with some restrictions amid record levels of COVID-19 infections.(AP Photo/Emrah Gurel)
Masjid Hagia Sophia Setahun jadi masjid. (AP/Emrah Gurel)
Jakarta -

Masjid Agung Hagia Sophia di Istanbul tepat satu tahun ini dibuka lagi sebagai masjid. Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan curhat di media sosial.

Setahun Masjid Agung Hagia Sophia itu kembali menjadi masjid jatuh pada Sabtu (24/7). Waktu itu, pembukaan ditandai dengan sholat Jumat. Sekitar 2.000 muslim, termasuk Presiden Erdogan, hadir dalam sholat Jumat pertama tersebut.

Dalam sebuah unggahan Twitter dan Instagram-nya, Erdogan mengatakan Hagia Sophia sebagai simbol kebangkitan peradaban Islam.

"Segala puji bagi Allah, yang menunjukkan kepada kita hari ini ... Saya berharap suara-suara azan, salawat (doa) dan Al-Qur'an tidak akan hilang dari kubah tempat suci yang agung ini sampai akhir zaman," kata Erdogan seperti dikutip kantor berita Turki, Anadolu Agency.

Erdogan juga mengunggah video yang menunjukkan momen sholat Jumat pertama di Masjid Agung Hagia Sophia pada 24 Juli tahun lalu.

[Gambas:Instagram]



Hagia Sophia memang mengalami sejumlah perubahan fungsi sejak didirikan. Masjid itu tercatat menjadi gereja selama 916 tahun dan 86 tahun sebagai museum. Tetapi, bangunan itu memang paling lama--antara 1.453 hingga 1.934, hampir 500 tahun-dimanfaatkan sebagai masjid.

Pada tahun 1985, Hagia Sophia dimasukkan ke Daftar Warisan Dunia UNESCO. Hagia Sophia juga menjadi salah satu tujuan wisata utama Turki dan tetap dibuka untuk pengunjung domestik dan asing.



Simak Video "6 Tewas Dalam Kebakaran Hutan di Turki"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/iah)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA