Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 27 Jul 2021 09:03 WIB

TRAVEL NEWS

Pengelola Wisata Kibarkan Bendera Putih, Sandiaga: Kita Percepat Bantuan

Sandi Uno, Kebangkitan Sembalun , Ciptakan Lapangan Kerja
Foto: Menparekraf Sandiaga Uno (Kemenparekraf)
Jakarta -

Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) sangat berdampak pada sektor pariwisata. Banyak pengelola wisata yang menjerit dan mengibarkan bendera putih sebagai tanda menyerah. Tentu pelaku usaha dalam sektor ini membutuhkan uluran tangan dari pemerintah.

Menparekraf Sandiaga Uno menuturkan akan segera memberikan bantuan kepada pelaku usaha pariwisata dan ekonomi kreatif. Kini berbagai penghematan dilakukan untuk membantu usaha parekraf yang terdampak.

"PPKM level 4 memang berat, ada kelonggaran dari segi pedagang kecil di sisi ekonomi kreatif dan kapan bantuan kita akan cair, kita akan percepat dan kita akan kita beritakan, kita akan infokan," kata Menparekraf Sandiaga Uno dalam Weekly Press Briefing, Senin (26/7/2021).

"Tapi saat ini sudah dalam tahap final dan konsep bantuan ini kita realokasi dari penghematan-penghematan di sisi lain, seperti perjalanan dinas dan paket-paket meeting itu kita alihkan untuk membantu usaha pariwisata maupun ekonomi kreatif yang sedang terdampak," Sandiaga menambahkan.

Untuk membantu sektor parekraf, Kemenparekraf akan mempercepat anggaran senilai Rp 2,4 triliun yang dialokasikan ke beberapa program. Mulai dari memberikan sertifikasi CHSE (Cleanless, Health, Safety, Environment Sustainability) hingga menstimulasi sub sektor perfilman.

"Kami mengupayakan secara maksimal kita tidak membentuk tim percepatan minggu lalu dan total anggaran sebesar Rp 2,4 triliun ini akan kita alokasikan untuk beberapa program, seperti penyediaan tempat istirahat untuk nakes program bangga buatan Indonesia untuk menolong para UMKM, juga program bantuan pariwisata yang sangat dibutuhkan, sertifikasi CHSE, stimulasi untuk salah satu sub sektor yaitu film dan juga pariwisata ini yang harus kita tingkatkan.

Sandiaga menuturkan bantuan ini bukan mengalami keterlambatan, melainkan memang ditargetkan pada bulan Juli 2021 dan tengah dipercepat.

"Bantuan pariwisata ini usaha pariwisata kita menggunakan dana pemulihan ekonomi nasional, yang pemulihan ekonomi nasional ini kita harapkan memang targetnya mulai Juli ini. Jadi bukan ada keterlambatan yang berlarut-larut, memang targetnya ini finalisasinya bulan Juli jadi ini yang sedang kita percepat dan mudah-mudahan tidak tertunda lagi," kata Sandiaga.

Simak video 'Aturan Makan 20 Menit hingga Olahraga Saat PPKM Level 4':

[Gambas:Video 20detik]



(elk/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA