Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 31 Jul 2021 17:50 WIB

TRAVEL NEWS

Mengenal Karambit, Senjata Minangkabau dalam Atraksi Stray Kids

Putu Intan
detikTravel
Mengenal Karambit, Senjata Minangkabau dalam Atraksi Stray Kids
Anggota Stray Kids, I.N memegang karambit, senjata khas Minangkabau. Foto: Youtube Stray Kids
Jakarta -

Grup K-pop Stray Kids diketahui menggunakan karambit dalam pertunjukan Kingdom. Karambit sendiri adalah senjata khas Minangkabau yang terkenal paling mematikan.

Stray Kids merupakan pemenang kompetisi Kingdom: Legendary War, sebuah acara survival yang digelar pada April-Juni 2021. Dalam acara itu, Stray Kids bertanding melawan grup K-Pop lainnya yakni BTOB, iKON, SF9, The Boyz, dan ATEEZ dengan menampilkan lagu dan tarian yang temanya berbeda setiap minggunya.

Kendati acara itu sudah rampung, Stray Kids baru merilis video di balik layar ketika mereka menyiapkan atraksi pembuka Kingdom, pada Kamis (29/7/2021). Saat pembukaan Kingdom, Stray Kids membawakan lagu Miroh dan dipadukan dengan tarian yang menggunakan karambit.

"Ini disebut karambit. (Yang kami gunakan) terbuat dari plastik tapi tetap cukup tajam," kata salah satu anggota Stray Kids, Felix.

Felix juga menunjukkan detail dari senjata tersebut kepada penonton. Ia mendeskripsikan bagian-bagian tajam dari karambit yang dapat melukai penggunanya bila tak digunakan secara hati-hati.

"Ini adalah pisau. Jadi kamu harus berhati-hati menggunakannya," ujarnya.

Dalam video itu, Stray Kids juga memperlihatkan penggunaan senjata itu dalam atraksi mereka. Karambit diputar-putar, digoreskan ke lantai, kemudian digerakkan seperti menusuk dada, dan digigit.

Pertunjukan Stray Kids ini begitu menarik penggemar, terutama dari Indonesia karena karambit merupakan senjata tradisional khas Minangkabau, Sumatera Barat. Dikutip detikcom dari situs karambit.com, senjata ini rupanya telah eksis sejak abad ke-11 sebagai alat bertani dan pisau.

KarambitKarambit. Foto: Feyd Greenman/Wikimedia Commons

Dengan berkembangnya industri perdagangan di Indonesia, karambit kemudian menyebar ke seluruh Asia Tenggara, termasuk Malaysia dan Filipina. Pada dasarnya, karambit adalah pisau melengkung yang bentuknya menyerupai cakar harimau. Namun desainnya semakin berkembang tergantung pada asal geografis dan inovasi pembuatnya.

Karambit yang dulu hanya digunakan untuk peralatan tani, kemudian digunakan menjadi alat pertahanan diri. Senjata ini digunakan para pendekar silat harimau sampai anggota militer.

Meskipun ukurannya lebih kecil dibandingkan jenis pisau lainnya, karambit adalah pisau paling berbahaya di dunia. Karambit memiliki dua sisi dan ujung pisau yang tajam. Selain itu di dekat pangkalnya juga ada gigi-gigi yang siap melukai lawan.

Karambit juga terkenal sebagai senjata yang mudah digenggam. Di bagian belakang pangkalnya terdapat lubang yang digunakan untuk memasukkan jari dan menguncinya agar karambit tidak lepas dari tangan.

Dengan bentuk seperti ini, karambit dapat digunakan dengan lebih cepat dan fleksibel. Senjata ini mampu untuk mencakar, merobek, menyayat hingga memotong sesuatu.



Simak Video "Gemuruh Comeback 'NOEASY' Stray Kids"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA