Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 03 Agu 2021 09:00 WIB

TRAVEL NEWS

Ini Desain Terbaru Kereta Peluru Shinkansen

Syanti Mustika
detikTravel
Desain kereta Shinkasen terbaru
Foto: (dok JR Kyushu)
Kyushu -

Jepang akan punya jalur baru untuk kereta kencang Shinkansen. Mereka pun membocorkan desain salah satu kereta tercepat di dunia tersebut.

Diberitakan SoraNews, Selasa (3/8/2021) Jepang mengungkapkan bahwa mereka akan memperpanjang jalur kereta cepat mereka. Desain kereta di jalur ini pun diungkapkan kepada masyarakat.

Selama bertahun-tahun, sistem kereta api Shinkansen berkecepatan tinggi Jepang hanya melaju sejauh Fukuoka dari Tokyo, di pulau Kyushu di barat daya Jepang. Jalur ini akhirnya diperpanjang ke selatan ke Kagoshima, tetapi orang-orang yang bepergian ke atau dari Kyushu barat, termasuk Nagasaki, masih belum memiliki layanan kereta peluru di wilayah tersebut.

Desain kereta Shinkasen terbaruDesain kereta Shinkasen terbaru Foto: (dok JR Kyushu)

Namun, hal ini akan menjadi kabar gembira untuk Kyushu barat, karena operator kereta api masa depan, JR Kyushu telah meluncurkan desain visual kereta Shinkansen barunya yang akan beroperasi di Rute Kyushu Barat. Dikabarkan rute ini akan berjalan tahun depan.

Kereta ini diberi nama Kamome, yang diterjemahkan sebagai 'camar' dengan lambang seekor burung yang sedang terbang. ada juga logo kaligrafi kuas yang membawa perasaan kebebasan bergerak yang serupa. Dari gambar yang dibagikan juga terlihat warna gambar merah terang di bagian bawah luarnya.

Nantinya kereta akan memiliki enam gerbong penumpang yang mampu membawa 396 pelancong, dengan total 163 kursi yang dipesan di gerbong 1, 2, dan 3. Sisanya 233 kursi non-reserved dapat ditemukan di gerbong 4 sampai 6, dengan total lima kursi per baris.

Bangku kereta tiap gerbong punya motif berbeda juga. Gerbong satu dilapisi dengan bunga krisan, gerbong dua 2 pola shishi (singa) yang terinspirasi oleh penggambaran surai makhluk mitos semu dalam lukisan klasik Jepang. Dan di gerbong 3, motif karakusa (bunga peony arabesque).

Desain kereta Shinkasen terbaruDesain kereta Shinkasen terbaru Foto: (dok JR Kyushu)

Shinkansen baru bukanlah kereta pertama di Jepang yang disebut Kamome. Nama tersebut telah digunakan di beberapa kereta di Kyushu barat, terutama kereta ekspres terbatas yang beroperasi antara Nagasaki dan Kyoto mulai tahun 1961.

Itu masih nama yang cocok untuk kereta baru. Karena begitu Nagasaki terhubung ke Fukuoka oleh Shinkansen, itu akan memudahkan koneksi ke jalur Sanyo Shinkansen yang melintasi wilayah barat dan tengah pulau utama Jepang Honshu.

Rute Shinkansen West Kyushu dijadwalkan untuk memulai layanan pada musim gugur 2022.



Simak Video "China Luncurkan Kereta Tercepat di Dunia"
[Gambas:Video 20detik]
(sym/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA