Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 03 Agu 2021 10:45 WIB

TRAVEL NEWS

Wisata di Gunungkidul Jogja Tutup Lagi Sampai 9 Agustus

Wisatawan bermain air di kawasan Pantai Baron, Tanjungsari, Gunungkidul, DI Yogyakarta, Senin (7/6/2021). Destinasi wisata yang menawarkan pemandangan pantai dan kuliner makanan laut tersebut masih menjadi destinasi andalan di Gunungkidul. ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah/rwa.
Pantai Baron Gunungkidul, Yogyakarta (Foto: ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah)
Gunungkidul -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali memperpanjang PPKM Level 4 Jawa-Bali. Imbas dari kebijakan tersebut yakni objek wisata (obwis) di Kabupaten Gunungkidul tutup hingga tanggal 9 Agustus, terlebih semua Kabupaten/Kota di DIY masuk dalam zona itu.

Sekretaris Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Gunungkidul Hary Sukmono mengatakan, bahwa dalam Instruksi Mendagri (Inmendagri) No.27 Tahun 2021 Tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 Level 3 dan Level 2 Corona Virus Disease 2019 di Wilayah Jawa dan Bali mewajibkan obwis di wilayah PPKM level 4 untuk tutup sementara. Apalagi Gunungkidul masuk level 4.

"Di sini (Gunungkidul) masuk level 4, karena itu tempat wisata masih ditutup," ucapnya saat dihubungi wartawan, Selasa (3/7/2021).

Padahal, selama sepekan ada sekitar 40 ribu wisatawan yang mengunjungi Gunungkidul. Namun, saat ini seluruh obwis tutup sementara hingga tanggal 9 Agustus, dan hal itu membuat pihaknya merevisi target kunjungan wisata untuk tahun ini yang mencapai 2,5 juta.

"Rencananya iya (target kunjungan wisata direvisi). Tapi karena masuk di APBD perubahan tahun 2021 maka perlu pembahasan dengan DPRD (Gunungkidul)," katanya.

Suasana vaksinasi COVID-19 di Pantai Ngobaran, Kalurahan Kanigoro, Kapanewon Saptosari, Gunungkidul.Suasana vaksinasi COVID-19 di Pantai Ngobaran, Kalurahan Kanigoro, Kapanewon Saptosari, Gunungkidul (Foto: Pradito Rida Pertana/detikcom)

Terkait bantuan kepada pelaku wisata selama perpanjangan PPKM Level 4, Hary mengaku belum bisa bicara banyak. Mengingat untuk memberikan bantuan mengacu kepada kebijakan pemerintah pusat dalam hal ini Kemenparekraf.

"Kalau untuk itu (bantuan kepada pelaku wisata) belum ada informasi lagi. Karena belum ada kebijakan baru jadi tidak ada bantuan yang disalurkan," ujarnya.



Simak Video "Simak! Daftar Lengkap Daerah PPKM Level 4 hingga 2"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/msl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA