Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 13 Agu 2021 17:03 WIB

TRAVEL NEWS

Walau Mal Jakarta Sudah Buka, Taman Kota dan Ruang Hijau Masih Tutup

Antara
detikTravel
Di tahun 2019 ini Pemprov DKI Jakarta menargetkan pembangunan 53 Taman Maju Bersama (TMB). Taman-taman itu akan dibangun di berbagai wilayah di Jakarta.
Taman Suropati (Pradita Utama/detikcom)
Jakarta -

Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) kembali diperpanjang, begitu juga dengan relaksasi di sejumlah sektor. Mal sudah boleh buka, tapi taman dan ruang hijau masih tutup.

Kepala Suku Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Jakarta Pusat Mila Ananda menjelaskan, masih ditutupnya taman kota ini sesuai Surat Keterangan (SK) Kepala Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Provinsi DKI Jakarta.

Dalam ketentuan itu, taman dan hutan kota, tempat pemakaman umum (TPU), dan ruang terbuka hijau (RTH) ditutup hingga 16 Agustus 2021 dan dapat diperpanjang berdasarkan evaluasi oleh Satgas COVID-19.

Khusus untuk TPU, penutupan dilakukan hanya untuk ziarah, tetapi tetap melayani prosesi pemakaman warga.

"Mal-mal memang sudah dibuka, tetapi Pemprov DKI mungkin masih melihat situasi agar pembukaan dilakukan bertahap, sehingga jangan sampai taman dan ruang terbuka hijau menjadi klaster penularan," kata Mila seperti dilansir detikTravel dari Antara, Jumat (13/8/2021).

Mila menjelaskan, meski sejumlah pusat perbelanjaan di Jakarta telah dibuka, Pemprov DKI Jakarta menilai pembukaan ruang publik harus dilakukan secara bertahap.

Sebab, tidak semua taman kota, termasuk ruang publik terpadu ramah anak (RPTRA), di Jakarta Pusat memiliki petugas pengamanan untuk mengecek bukti vaksinasi kepada warga yang ingin masuk.

"Yang kami khawatirkan adalah taman-taman di daerah padat penduduk karena sulit dikendalikan," kata Mila.

Mila berharap kasus harian COVID-19 tetap melandai, beriringan dengan semakin banyak masyarakat yang sudah divaksinasi. Dengan begitu, angka infeksi virus bisa ditekan dan ruang publik bisa dibuka kembali sebagai ruang interaksi.



Simak Video "6 Kabupaten/Kota di Luar Jawa-Bali Ini Masih Berstatus PPKM Level 4"
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA