Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 14 Agu 2021 09:30 WIB

TRAVEL NEWS

Akhir Abad Ini, Penguin Kaisar Diprediksi Akan Punah

bonauli
detikTravel
Penguin Kaisar, makhluk hidup terbesar bumi
Penguin Kaisar (CNN)
Antartika -

Penguin Kaisar adalah spesies penguin terbesar di bumi. Berhabitat di Antartika, penguin ini semakin langka.

Ya, spesies satu ini sudah diambang kepunahan. Bumi yang semakin panas membuat Antartika mencair dengan cepat. Mau tak mau, penguin kaisar kehilangan rumahnya.

Dilansir dari Live Science, tim ahli penguin internasional telah mengungkapkan bahwa 70 persen koloni penguin kaisar akan punah pada tahun 2050. Jika es terus mencair, maka situasi akan semakin buruk.

Pada tahun 2100 jumlah penguin kaisan akan merosot tajam hingga 98 persen. Bisa dibilang penguin kaisar akan semu punah alias ada individu yang tersisa namun tidak akan pulih dan mati.

Ini sungguhlah menyayat hati. Sehingga, membuat US Fish and Wildfile Service (USFWS) segera mengusulkan spesies ini untuk masuk dalam daftar terancam punah di bawah pengawasan Endangered Species Act (ESA). Jika langkah-langkah konservasi yang terkait dengan daftar berhasil, penguin kaisar masih bisa bertahan dalam beberapa dekade mendatang.

"Mengingat perubahan iklim yang cepat dan proyeksi hilangnya es laut, ini tidak terlalu mengejutkan," ujar Stephanie Jenouvier, ahli ekologi burung laut di Woods Hole Oceanographic Institution di Massachusetts.

Penguin kaisar sangat bergantung pada es di laut untuk berkembang biak, berganti kulit dan mencari makan. Sehingga, hilangnya es di laut Antartika otomatis mengubah kelangsungan hidup mereka.

"Pada saat berkembang biak, penguin mengandalkan sejumlah es laut tertentu yang disebut zona Goldilocks. Zona ini akan memberikan kenyamanan untuk memberikan anak penguin makan dan keamanan dari predator," dia menambahkan.

Namun USFWS sedang kesulitan. Karena penguin kaisar bukanlah hewan asli Amerika Serikat. Selain itu, populasi spesies ini relatif stabil untuk saat ini.

"Di 61 koloni penguin kaisar di Antartika, antara 625.00 dan 650.000 penguin kaisar diperkirakan masih hidup," ujar USFWS.

Namun risiko pencairan es laut terhadap penguin kaisar begitu besar, sehingga dibutuhkan langkah-langkah lain untuk melindungi mereka.

Sebelumnya, beruang kutub adalah satu-satunya spesies lain yang berkantung pada es yang saat ini dilindungi oleh ESA.

"Mudah-mudahan, daftar baru akan meningkatkan peluang penguin kaisar untuk bertahan hidup. Begitu pula dengan meningkatnya kesadaran tentang dampak perubahan iklim dan kebutuhan untuk mengambil tindakan iklim," ujar Jenouvrier.



Simak Video "Selain Turki, Italia, dan Yunani, Spanyol Juga Alami Kebakaran Hutan"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/bnl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA