Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 16 Agu 2021 12:05 WIB

TRAVEL NEWS

Maskapai Ramai-ramai Hindari Udara Afghanistan Setelah Taliban Kuasai Kabul

Ilustrasi Emirates
Emirates sudah menghentikan rute ke Kabul Foto: (dok. Emirates)
Washington -

Maskapai internasional menghindari rute-rute udara Afghanistan setelah Taliban menguasai ibukota Kabul.

Mengutip CNBC, Senin (16/8/2021) maskapai seperti United Airlines sejak Minggu kemarin melakukan pengalihan rute India. Tadinya rute India ini melewati jalur penerbangan Afghanistan.

"Melihat situasi yang terus berkembang secara dinamis, kami mengalihkan penerbangan yang terdampak mengelilingi ruang udara Afghanistan," ujar seorang juru bicara United Airlines.

United memiliki rute Newark Liberty International Airport di New Jersey menuju India yang terbang setiap hari, kemudian ada penerbangan dari Chicago O'Hare International Airport 5 kali dalam seminggu. Penerbangan ini termasuk penerbangan United dalam jangka waktu yang lama.

Keputusan menghindari udara Afghanistan ini disebut maskapai Amerika Serikat itu sebagai langkah pencegahan yang diambil perusahaan sendiri.

Namun otoritas penerbangan Amerika (FAA) pada 25 Juli lalu sudah mengeluarkan peringatan untuk maskapai Amerika agar menghindar terbang di bawah ketinggian 26 ribu kaki di udara Afghanistan.


Sementara itu maskapai lainnya yakni Flydubai dan Emirates sudah menghentikan penerbangan menuju Kabul. "Konsumen yang memiliki tiket akhir penerbangan ke Kabul, tidak diperkenankan untuk melakukan perjalanan di bandara awal," tulis Emirates.

Emirates dengan penerbangan EK640, akhirnya kembali ke Dubai setelah hampir mendekati Kabul. Hal ini dilakukan setelah ada peringatan dari Kedubes Amerika soal insiden bersenjata di bandara Kabul.

Selain maskapai yang disebut di atas, British Airways dan Virgin Atlantic juga sudah menghindari udara Afghanistan. Banyak pesawat kedua maskapai yang kini terbang melewati wilayah udara Iran dan Pakistan.

Tonton video 'Taliban Mendekat, Ribuan Orang Padati Bandara Afghanistan':

[Gambas:Video 20detik]





Simak Video "Pendiri Taliban Bantah Diisukan Terbunuh Gegara Bentrok Internal"
[Gambas:Video 20detik]
(ddn/elk)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA