Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 19 Agu 2021 08:45 WIB

TRAVEL NEWS

Ini Lho Dua Negara Asia Tenggara yang Miliki Dua Iklim

Novia Aisyah
detikTravel
Kendaraan melintas di salah satu jalanan di Napityaw, Ibukota baru Myanmar, beberapa hari lalu. Jalanan di pusat pemerintahan negara Myanmar ini sangat mulus dan lebar. Bahkan jalan di depan Istana kepresidenan Myanmar mencapai 20 lajur. Grandyos Zafna/detikcom
Foto: Myanmar (Grandyos Zafna)
Jakarta -

Kebanyakan negara di wilayah Asia Tenggara beriklim tropis. Tapi, tahukah traveler kalau ada dua negara yang memiliki iklim tropis dan subtropis?

Mayoritas negara di kawasan Asia Tenggara memiliki iklim tropis karena letak astronomisnya sama. Menurut Modul Ilmu Pengetahuan Sosial Edisi PJJ untuk SMP Kelas VII karya Tenia Kurniawati dan Andri Setiawan, negara Asia Tenggara yang beriklim tropis mempunyai letak astronomis 23,5 derajat lintang utara dan 23,5 derajat lintang selatan.

Kemiripan iklim inilah yang akhirnya menimbulkan interaksi antar negara ASEAN (Association of Southeast Asian Nations). Tak hanya itu, kawasan ASEAN juga diapit oleh Benua Asia dan Australia. Karena kedua benua tersebut, kawasan ASEAN mempunyai pola arah angin yang bergantian tiap enam bulan sekali.

Jadi, negara Asia tenggara mana yang memiliki iklim tropis dan subtropis?

Seperti disebutkan sebelumnya, letak astronomis yang mirip pada sebagian besar negara ASEAN menyebabkan persamaan iklim, Tetapi, ada dua negara ASEAN yang sebagian wilayahnya beriklim subtropis.

Negara di Asia Tenggara yang memiliki dua iklim, yaitu tropis dan subtropis, adalah Vietnam dan Myanmar. Penyebabnya, kawasan bagian utara kedua negara tersebut berdekatan dengan wilayah subtropis.. Vietnam ada di 23 derajat lintang utara. Sedangkan Myanmar terletak di 28 derajat lintang utara.

Menurut buku Top No. 1 Ulangan Harian kelas 9 karangan Tim Redaksi Bintang Wahyu, ciri khas iklim negara-negara ASEAN ada dua, yakni:

1. Angin muson barat menyebabkan curah hujan yang tinggi.

2. Letak negara-negara ASEAN yang dekat dengan garis ekuator membuat suhu udara jadi panas.

Selain itu, kawasan ASEAN terletak di pertemuan antara Sirkum Pasifik dan Sirkum Mediterania. Letaknya yang demikian menyebabkan negara-negara Asean mempunyai banyak gunung berapi.

Meski begitu, kawasan ASEAN juga memiliki banyak dataran tinggi. beberapa contoh di antaranya adalah dataran tinggi Korat di Thailand, Tonkin di Vietnam, Bolovens di Laos, dan Dieng di Indonesia.



Simak Video "9 Menlu ASEAN Tak Beri Pengakuan Status Junta Myanmar"
[Gambas:Video 20detik]
(elk/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA