Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 26 Agu 2021 19:07 WIB

TRAVEL NEWS

Gempa M 5,8 di Tojo Una-una Sulteng, Sandiaga Cek Kondisi Fasilitas Wisata

My Trip My Adventure: Togean
Kepulauan Togean Foto: (My Trip My Adventure)
Jakarta -

Gempa bumi berkekuatan magnitudo 5,8 terjadi di lautan mengguncang wilayah Sulawesi Tengah (Sulteng), Kamis (26/8) pagi. Daerah ini memiliki beberapa tempat wisata yang indah.

Menurut akun Twitter BadanMeterologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) gempa tersebut terjadi pukul 09.14 WIB. Episentrum gempa berada di lautan--semenanjung Minahasa-- sekitar 44 kilometer barat laut dari Kabupaten Tojo Una-Una, Sulteng. Sementara itu hiposentrum gempa berada pada kedalaman 10 kilometer di bawah permukaan bumi.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno langsung mengecek fasilitas wisata di sana apakah terdampak gempa atau tidak.

"Kami prihatin dan mendoakan gempa di Tojo Una-Una. Saya pernah ke sana ada destinasi yang sangat cantik yakni Togean Island dan dekat Ampana. Saya baru saja mengirim pesan agar kita mengecek keadaan dari fasilitas pariwisata dan ekonomi kreatif di Tojo Una-una dan Togean Island," ujar Sandi dalam rapat kerja dengan Komisi X DPR siang tadi yang disiarkan akun YouTube Komisi X DPR.

Akibat gempa tersebut, BMKG melansir tak ada potensi tsunami. Gempa dirasakan pada skala MMI IV-V di Ampana dan skala MMI IV Poso. Pada skala MMI IV ini, gempa dirasakan oleh orang banyak dalam rumah, di luar oleh beberapa orang, gerabah pecah, jendela/pintu berderik dan dinding berbunyi.

Seorang warga dilaporkan tewas setelah terjadi gempa. "BPBD Kabupaten Tojo Una-Una melaporkan satu warga meninggal dunia akibat tertimpa bangunan rumah," kata Plt Kapusdatinkom BNPB, Abdul Muhari, dalam keterangannya, Kamis (26/8/2021).

Sekilas mengenai Kepulauan Togean

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Gempa M 6,1 Guncang Tokyo, Listrik Stasiun Padam-Lampu Jalan Goyang"
[Gambas:Video 20detik]
BERITA TERKAIT
BACA JUGA